Sosialisasi Wirausaha Sukses Berkarakter Manajemen Perencanaan SMART Dan Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila Bagi Siswa Di SMA Methodist-1 Medan.

Samuel Tenang Ukur Ardianta Ginting, Nurbeti S, Krista Surbakti, Gomgom H. Siahaan, Deviana Sihombing, Regina Sahputri Ginting, Atha Fadilla Tasrim, Riska Amelia Tanjung

Abstract


Abstrak

Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang pendidikan menengah yang mempersiapkan para pelajar untuk bekerja di dunia industri atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan SMA salah satunya adalah kemampuan berwirausaha. Untuk mempersiapkan lulusan SMA agar dapat bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif, Kemampuan berwirausaha ini merupakan sangat urgen/ penting. Pada Zaman sekarang, Berkarakter Manajemen Perencanaan SMART (Specific, Measurable, Attainable, Rasional, Timely) Dan Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila (Yakni untuk melahirkan pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; mandiri; bergotong royong; bernalar kritis; dan kreatif) memberikan kesempatan baru bagi para wirausaha menjadi sukses. Dengan menerapkan berkarakter Manajemen Perencanaan SMART Dan Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila, para wirausahawan dapat memasarkan produk atau jasanya dengan luas dan sukses. Oleh karena itu, penting bagi lulusan SMA untuk memiliki kemampuan sebagai Wirausaha Sukses Berkarakter Manajemen Perencanaan SMART Dan Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.

SMA Methodist-1 Medan adalah salah satu sekolah menengah atas swasta yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. Sekolah ini didirikan pada tahun 1958 oleh Yayasan Perguruan Kristen Methodist Indonesia-1 (PKMI-1) terletak di Jl. Hang Tuah No.4, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151. SMA Methodist-1 Medan memiliki visi untuk menjadi sekolah menengah atas Membangun insan yang Beriman, Berkebinnekaan Global, Kreatif, dan Unggul untuk menjadi Pemimpin masa depan. Dalam rangka mendukung pengembangan kemampuan Wirausaha Sukses bagi siswa SMA maka Sosialisasi terkait Wirausaha Sukses Berkarakter Manajemen Perencanaan SMART Dan Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila dinilai penting untuk dilakukan. Adapun tujuan dari Sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menjadi Wirausaha sukses bagi siswa SMA. Setelah mengikuti sosialisasi ini, siswa diharapkan dapat memahami konsep wirausaha sukses, menerapkan Berkarakter Manajemen Perencanaan SMART, dan Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.

Selanjutnya, dari hasil Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan luaran berupa peningkatan kemampuan dan peran peserta dalam pengembangan menjadi Wirausaha Sukses Berkarakter Manajemen Perencanaan SMART Dan Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, hasil kegiatan ini nantinya akan dipublikasikan dalam bentuk jurnal pengabdian kepada masyarakat yang tidak terakreditasi sebagai bentuk penyebaran hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) kepada masyarakat luas sehingga dapat menambah wawasan terkait dengan Sosialisasi Wirausaha sukses.

 

Kata kunci: Wirausaha, Manajemen SMART, Pelajar Pancasila.

 

 

 

 

Abstract

High School (SMA) is a secondary level of education that prepares students to work in the industrial world or continue their education to a higher level. One of the competencies that high school graduates must have is entrepreneurial ability. To prepare high school graduates to be able to compete in an increasingly competitive world of work, this entrepreneurial ability is very urgent/important. In today's era, it is characterized by SMART planning management (Specific, Measurable, Attainable, Rational, Timely) and based on the Pancasila Student Profile (namely to produce students who are faithful, devoted to God Almighty, and have noble character; global diversity; independent; working together; reasoning critical and creative) provide new opportunities for entrepreneurs to become successful. By implementing SMART planning management characteristics and based on the Pancasila Student Profile, entrepreneurs can market their products or services widely and successfully. Therefore, it is important for high school graduates to have the ability to become successful entrepreneurs with SMART planning management characteristics and based on the Pancasila student profile.

Medan Methodist-1 High School is a private high school located in Medan City, North Sumatra. This school was founded in 1958 by the Indonesian Methodist Christian College Foundation-1 (PKMI-1) located on Jl. Hang Tuah No. 4, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Medan City, North Sumatra 20151. Medan Methodist-1 High School has a vision to become a high school building people who are faithful, globally diverse, creative and superior to become future leaders. In order to support the development of Successful Entrepreneurship skills for high school students, socialization regarding Successful Entrepreneurship with SMART Planning Management Character and Based on the Pancasila Student Profile is considered important to carry out. The aim of this socialization is to improve the ability to become successful entrepreneurs for high school students. After participating in this socialization, students are expected to be able to understand the concept of successful entrepreneurship, apply SMART Planning Management Characteristics, and be based on the Pancasila Student Profile.

Furthermore, the results of this socialization are expected to provide outcomes in the form of increasing the participants' abilities and roles in developing into successful entrepreneurs with SMART planning management characteristics and based on the Pancasila student profile. Apart from that, the results of this activity will later be published in the form of an unaccredited community service journal as a form of disseminating the results of community service activities (PkM) to the wider community so that they can increase insight related to successful Entrepreneurial Socialization.

 

Keywords: Entrepreneurship, SMART Management, Pancasila Students.


Keywords


Keywords: Entrepreneurship, SMART Management, Pancasila Students.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aditya, dan Rahmi, E. D. 2017. The Impact of Digital Entrepreneurship on Economic Growth. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol. 2, No. 1.

Alimuddin, Andi. 2021. Penggunaan Internet Dan Peluang Berwirausaha Di Indonesia. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, Vol. 26 No. 2.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar Manajemen. Deepublish.

Fuad. (2021). Perencanaan Strategis dan Pengelolaan Sumber daya Manusia. Jurnal Jumanis Baja. Vol. 02. No. 02.

Gemina, D., & Pitaloka, A. W. (2020). Keberhasilan Usaha Berbasis Sikap Kewirausahaan Dan Pengetahuan Kewirausahaan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Makanan Minuman Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Jurnal Visionida, 6(1), 20. https://doi.org/10.30997/jvs.v6i1.2722

Juliana. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang. Jurnal Khasanah Ilmu, Vol.10, 1–12.

Luh De Liska, L. P. S. A. (2020). Implementas Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Widyadari, 21(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444

Nugraha, Aryan. 2019. Start Up Digital Business: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 2(1):1.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Saputra, R. A., Kholidasari, I., Sundari, S., & Setiawati, L. (2021). Analisis Perencanaan Bahan Baku Di Ud. Aa Dengan Menerapkan Metode Material Requirement Planning (Mrp). Jurnal Logistik Indonesia, 5(1), 1-12.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Alfabeta.

Suryana. (2018). Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. SALEMBA EMPAT

Wardhana, Aditya. 2022. Kewirausahaan di Era Digital. Kewirausahaan dan Bisnis (pp.198-215). Publisher: Media Sains Indonesia.

Widayati, Enny. 2019. Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, Vol. 6, No. 2.

Zhang, X., Zhang, Y., & Liu, Y. 2022. The Impact of Digital Entrepreneurship on Job Creation. Journal of Business Research, Vol. 121, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional