SOSIALISASI DAMPAK KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

Vera Ironita Christiani Sihombing, Rehulina Br Ginting, Anjelika Sinaga, Debora Situmeang

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi terus memberikan pengalaman dan hiburan baru, salah satunya adalah game online. Bermaian game online dapat berdampak buruk bagi siswa apabila dilakukan secara terus-menerus dan berlebihan. Kecanduan game online dapat membuat siswa menjadi tidak semangat dalam belajar sehingga dapat menurunkan prestasi belajar siswa dan konsentrasinya pun menjadi terganggu. Selain itu, kecanduan game online dapat membuat siswa lebih gampang meluapkan emosi mereka dengan kata-kata yang kasar tanpa memikirkan baik dan buruknya bahasa yang mereka ucapkan. Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pandangan kepada siswa tentang dampak kecanduan bermain game online terhadap motivasi belajar dan perkembangan bahasa anak serta membantu peran guru dalam mendidik para siswanya dengan memberikan pengarahan dan dampak bermain game online dengan berbagai aktivitas seperti menulis, membaca, melakukan kerajinan, dan ikut serta aktif dalam ekstrakurikuler.

Kata kunci: Game Online, Motivasi Belajar, Bahasa Anak


Abstract

Technological developments continue to provide new experiences and entertainment, one of which is online games. Playing online games can have a bad impact on students if done continuously and excessively. Addiction to online games can make students less enthusiastic about studying, which can reduce student learning achievement and disrupt their concentration. Apart from that, addiction to online games can make it easier for students to express their emotions with harsh words without thinking about the good and bad of the language they speak. This service is carried out to provide understanding and views to students about the impact of addiction to playing online games on children's learning motivation and language development as well as helping the role of teachers in educating students by providing direction and the impact of playing online games with various activities such as writing, reading, doing crafts, and participate actively in extracurricular activities.

Keywords: Online Games, Learning Motivation, Children's Language


Keywords


Game_Online_Motivasi_Pendidikan_Bahasa_Anak

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Murni, I. (2022). Pengaruh Game Online terhadap Perkembangan Perilaku Buruk Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar. 6.

Andriani, R., & Basri, B. (2022). Sosialisasi Dampak Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa di SDN Subangjaya 2 Kota Sukabumi. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(2), 291–302. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i2.678

Firmansyah, R. M., Marliana, S., Kholifah, S. N., & Hermawan, H. (2022). Sosialisasi Bahaya Game Online Bagi Anak-Anak Dan Upaya Pelestarian Permainan Tradisional. 1(3).

Fitrianugroho, D., Sopianti, J., Razanah, M. F., Fauziah, N., & Sudrajat, R. (2023). Krisis Perkembangan Bahasa sebab Hadirnya Game Online. Jurnal sosial dan sains, 3(6), 638–643. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i6.834

Harahap, S. H., & Ramadan, Z. H. (2021). Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1304–1311. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.895

Kurnada, N., & Iskandar, R. (2021). Analisis Tingkat Kecanduan Bermain Game Online terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5660–5670. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1738

Rahmatullah, A. S. R., & Diana, W. (2022). Positif Negatif Game Online pada Anak-anak dan Tindakan Pencegahannya. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(1), 164–179. https://doi.org/10.35335/abdimas.v5i1.2274

Suwu, E. A. A., & Mumu, R. (2020). KAJIAN GAME ONLINE TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR DI KELURAHAN BAHU KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO (STUDI KASUS PADA ANAK DI BAWAH UMUR 12 TAHUN). 13(1).

Utami, N. P. R. P., Odelia, A., Adinda, E. T. H., Valeska, A. S., Wibisono, Y. P., & Primasari, C. H. (2020). Sosialisasi dampak game online terhadap anak-anak. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional