Sosialisasi Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri 173578 Simaremare

Siti Rakiyah, Nilam Sari, Hasni Suciawati

Abstract


Dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa SD N 173578 Simaremare maka dilakukan sosialisasi penggunaan media gambar binatang pada proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, kehadiran media mempunyai peranan yang cukup penting, media dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, dari pemberi pesan kepada penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, minat, motivasi serta siswa sedemikin rupa sehingga proses belajar terjadi. Penggunaan media gambar dilakukan pada kegiatan inti pada proses pembelajaran. Para tim pelaksana PKM mencoba mengimplementasikan media gambar pada proses pembelajaran agar dapat mengoptimalkan minat belajar siswa sehingga siswa bisa termotivasi selama proses pembelajaran. Media gambar binatang sebagai salah satu komponen sumber belajar media gambar sebagai alat bantu yang digunakan guru untuk menyalurkan isi pelajaran agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi maka penggunaan media gambar cukup optimal dalam menumbuhkan semangat belajar siswa sehingga siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran di SD N . 173578 Simaremare.


Keywords


Sosialisasi, Media Gambar, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Cecep Kusnandi, Bambang Sujtipto. Media Pembelajaran Manual dan Digital. (Bogor: Ghalia Indonesia. 2013). hlm. 41-42

Ghufron dan Rini, 2011. Teori-TeoriPsikologi. yogyakarta: Ar-ruz Media

Hakim, 2004. MengatasiRasaTidak PercayaDiri. Jakarta: puspa swara

Juningsih. 2021. Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi?. Jakarta Timur

Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Qotrun. 2021. Metode Observasi. Gramedia Blog

YunusAbidin, 2014DesainSistemPembelajaranDalamkonteksKurikulum2013. Bandung: PT RefikaAditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional