Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 067244 Medan Selayang

Tina Sheba Cornelia, Dewi Afriany Susanti, Wilda Monika, Gare Wita Wita

Abstract


Berdasarkan hasil observasi saya menemukan fakta dilapangan bahwa siswa merasa bosan dan tidak fokus pada saat pelajaran PKn, hal itu membuat semangat belajar siswa menurun dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dengan begitu peneliti menggunakan media pembelajaran video animasi pada saaat kegiatan belajar mengajar, hal ini bertujuan untuk membantu siswa SD Negeri 067244 Medan Terhadap Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dan menumbuhkan semangat belajar siswa melalui media pembelajaran video animasi pada anak SD Negeri 067244 Medan Selayang. Dengan adanya penggunaan media pembelajaran video animasi pada saat pembelajaran diharapkan dapat membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan, antusias, tetap serius dan semangat selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Media pembelajaran video animasi ini digunakan saat pertengahan pembelajaran sebelum pendidik memberikan tugas pembelajaran. Tim PKM mencoba menerapkan penggunaan media pembelajaran video animasi pada pelajaran PKn pada materi lambang Negara Indonesia, untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran video animasi ini merupakan salah satu media ineteraktif terhadap hasil belajar siswa dan menumbuhkan antusias dan semangat belajar PKn bagi siswa. Sehingga saat diaplikasikan didalam kelas, pembelajaran PKn akan lebih menyenangkan dan suasana pembelajaran PKn akan menjadi lebih baik dan menyenangkan.

 


Keywords


Media Video Animasi, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini.(2006). ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asep, dkk.(2012). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: multi pressindo

Daryo, Agus.(2008). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia

Djamarah, Bahri.(2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional.(2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Morissan, dkk. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Ken cana

Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta

Sanjaya,Wina.(2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sardiman.(2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Shochib, M.(2010). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Mengembangkan Disi plin Diri.

Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N.(2009). Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sujarweni, V.Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers

Syah, Muhibbin.(2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Tridhonanto, Al.(2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia

Walgito, Bimo.(2011). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional