PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 067244 MEDAN

Dewi Afriany Susanti, Tina Sheba Cornelia, Eduard Eduard, Wilda Monika Sihombing, Gare Wita Sianturi

Sari


Media pembelajaran inovatif yang dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran secara langsung sehingga siswa tidak merasa bosan. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah media pembelajaran animasi.Media bisa jadi dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat membantu mencapai efektifitas dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena media memiliki peran dan fungsi strategis yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi motivasi, minat dan perhatian, peserta didik dalam belajar. Daya visualisasi peserta didik pun terbantu dari materi yang mungkin masih abstrak yang akan diajarkan, sehingga dapat memudahkan pemahaman peserta didik. Selain itu, media juga mampu membuat pembelajaran lebih jelas serta mampu memanipulasi dan menghadirkan objek yang sulit dijangkau oleh peserta didik.

Media pembelajaran Video animasi merupakan salah satu bentuk media yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk membuat materi menjadi lebih menarik dan interaktif. Animasi dapat memvisualisasikan konsep- konsep yang abstrak atau kompleks agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Media pembelajaran dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam menyampaikan informasi dan konsep kepada siswa. Dengan mempelajari cara menggunakan media pembelajaran yang tepat, guru dapat meningkatkan efektivitas komunikasi dan memfasilitasi pemahaman yang lebih baik. Hal ini dapat mengarah pada tingkat pemahaman yang Iebih tinggi dan hasil belajar yang Iebih baik. Menghadapi tantangan teknologi dalam era digital saat ini, teknologi dan media digital telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari mahasiswa. Mempelajari hubungan antara media pembelajaran dan keberhasilan pembelajaran memungkinkan dosen untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh teknologi. Guru dapat memanfaatkan media pembelajaran digital seperti video animasi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa (Hariyadi, 2023:26). Oleh karena itu penulis dalam penelitian ini ingin melihat bagaimana Pengaruh keefektifan penggunaan Media video animasi dalam  pembelajaran berbasis aplikasi Canva ketika proses pembelajaran.Guru menggunakan aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran  PKN Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media Video Animasi menggunakan  terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri No 067244 Medan.

 

Kata Kunci :Pengaruh, Media Video Animasi,  Hasil Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BAhmad Susanto. 2017.Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup Instruksional Edukatif. Jakarta: Aneka Cipta

Moh Nasir, Metode Penelitian (Jakarta:Ghali Indonesia, 1988) h. 63. Mardalis, Metode Penelitian Pendekatan Suatu Proposal(Jakarta: Bumi Aksara, 2007),

Pustekkomdik. (2020).Media Pem Rohani, Ahmad. (2007). Gramedia, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1547

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA