TINGKAT PEMAHAMAN TENTANG OLAHRAGA TRADISIONAL DI KELAS VII UPT SMP NEGERI 016 NAGASARIBU V HUMBANG HASUNDUTAN

Julius Boy Nesra Basgimata Barus, Janwar Frihasan Sinuraya, Armando Maranata Ginting

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan yang dimiliki siswa kelas VII UPT SMP Negeri 016 Nagasaribu V Humbang Hasundutan tentang olahraga tradisional sebagai bagian dari budaya lokal yang perlu dilestarikan. Olahraga tradisional tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai media untuk menentukan karakter, mengembangkan kebutuhan sosial, dan menghasilkan nilai-nilai budaya bangsa. Di era globalisasi ini, minat dan pengetahuan generasi muda terhadap olahraga tradisional masih terbatas, sehingga perlu dilakukan evaluasi kembali terhadap pengetahuannya sebagai landasan dalam menetapkan tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data berbasis wawancara yang diberikan kepada 24 siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa Kelas VII UPT SMP Negeri 016 Nagasaribu V Humbang Hasundutan yang mampu mengikuti program pendidikan jasmani mencapai angka tertinggi baru yaitu 58,33%. Satu siswa (4,17%) masuk dalam kategori “sangat rendah”, dua siswa (8,33%) masuk dalam kategori “rendah”, empat belas siswa (58,33%) masuk dalam kategori “semang”, empat siswa (16,67%) masuk dalam kategori “baik”, dan tiga siswa (12,50%) masuk dalam kategori “sangat baik”.


Kata Kunci


Tingkat Pemahaman, Olahraga Tradisional, Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fenghu, L. (2010). Study on Heritage and Development of Traditional Sports From the Perspective of Cultural. Journal of Sports Sciences.

Firdaus, M., Mashunah, D., Ghani, M., Harmono, Z., Oktavia, R., Kahri, M., Ichsan, D., Anggara, N., & Warni, H. (2023). Empowerment Of Traditional Sports In Lower Grade Elementary Schools In Banjar Regency. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. Https://Doi.Org/10.31602/Rjpo.V6i2.13373.

Habibi, A. W., Rahayu, E. T., & ... (2022). Analisis Survei Penerapan Olahraga Tradisonal Pada Guru Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kesehatan Sekolah Menengah Kejuruan. … Ilmiah Wahana Pendidikan.

Julianti, R., Suherman, A., Ma’mun, A., Budiana, D., Sari, E., Ridwan, M., & Festiawan, R. (2024). Implementation Of Intentionally Structured Psychosocial Through Folk Games And Traditional Sports In Elementary School Students. Retos. Https://Doi.Org/10.47197/Retos.V60.108208.

Mawardinur, Helmi, B., Catur Winata, D., Aditya, R., Evriansyah, A., & Marpaung, D. R. (2018). Analisis Pertandingan Sepak Takraw Double Event Putra Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan, 6(Metodologi Penelitian).

Munawar, A., Girsang, D., Sugiarto, D., Sitorus, D., Devira, D., Syahbana, M., Pangestu, D., & Habibi, S. (2024). Student Interest In Traditional Sports In The Era Of Society 5.0. Education Achievement: Journal Of Science And Research. Https://Doi.Org/10.51178/Jsr.V5i2.1964.

Pratama, S. M., & Wiyaka, I. (2021). Profil Kondisi Fisik, Teknik, Dan Psikis Atlet Sepak Takraw. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(2). Https://Doi.Org/10.55081/Joki.V1i2.307

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3431

Setiyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1). Https://Doi.Org/10.47134/Jtp.V1i1.27

Sugiyono. (2017). Metodepenelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). Metodepenelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wali, C., Selan, D., Kaho, U., Waluwandja, P., Jado, G., & Atto, A. (2024). Introduction To Traditional Sports Among Generation Z. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Https://Doi.Org/10.36526/Gandrung.V5i2.3811.

Yang, F., & Zhang, J. (2022). Traditional Chinese Sports under China's Health Strategy. Journal of Environmental and Public Health, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/1381464.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1624

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA