STRATEGI PEMASARAN MINYAK KARO DI DESA LINGGA KECAMATAN SIMPANG IV KABUPATEN KARO
Abstract
Tingginya minat masyarakat di pasaran terhadap minyak karo menjadikan minyak karo sebagai salah satu produk unggulan lokal Kabupaten Karo. Pasar minyak karo ini sudah mencapai pasar nasional dengan di pasarkannya di beberapa kota-kota besar di seluruh Indonesia seperti Medan, Jakarta, dan Surabaya bahkan sudah sampai keluar negeri ke Amerika. Beberapa kendala yang di hadapi pengusaha minyak karo yaitu kurangnya modal dan perhatian pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi pengembangan usaha minyak karo di Desa Lingga Kecamatan Simpang IV Kabupaten Karo dan strategi alternatif yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pengembangan usaha minyak karo di desa tersebut. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dan penentuan lokasi secara sengaja (purposive). Metode analisis data menggunakan matriks IE (Interal Eksternal) dan matriks SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anantanyu, Sapja dkk. Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Digital Marketing Minyak Kayu Putih Pada Kelompok Tani Hutan (KTH) Wonolestari, Desa Wonoharjo Boyolali. Jurnal Surya Masyarakat Vol. 5 No. 1, November 2022, Hal. 60-67
Amstrong, Philip Kotler dan Gary. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1. Erlangga. Jakarta
Bagaskara, R Muhammad. 2019. Analisis Strategi Pemasaran dan Kesesuaian Iklan Produk Jamu Dengan Regulasi Pada Usaha Kecil Obat Tradisional di Kota Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Farmasi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Basu, Swasta DH dan Ibnu Sukotjo. 1998. Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Liberty.
David F. R. 2004. Manajemen Strategis: Konsep-Konsep. Edisi Kesembilan. PT. Prehelindo. Jakarta
Daud, Rosy Febriani, Eko Abadi Novrimansyah. Strategi Komunikasi Pemasaran Jamu Tradisional di Era Teknologi Digitalisasi 4.0. Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS) Vol.1, No.3 2022: 233-248
Gay, L.R. and Diehl, P.L. 1992. Research Methods for Business and Management. Mc. Millan Publishing Company, New York.
Harianja, A.H. (2012). Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Komsumsi Tumbuhan
Obat Dari Hutan Konservasi Dari Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jurnal.
Parapat: Balai Penelitian Kehutanan Aek Nauli. Medan.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12 (terjemahan). New
Jersey: PT. Indeks.
Rangkuti, F. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Rangkuti, F. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Retno, Dyah Ayu Ken. 2018. Strategi Pemasaran Obat Herbal Studi Kasus Pada Perusahaan Obat Herbal Jamur Dewa di Kabupaten Malang. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang
Soekartawi. 2000. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Siregar, I.S.A. (2017). Identifikasi Jenis Tanaman Obat Yang Digunakan Sebagai Bahan Pembuatan Minyak Karo. Skripsi. Jurusan Teknologi Hasil Hutan Fakultas Kehutanan, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Silalahi, M. 2019. Botani dan Bioaktivitas Lempuyang (Zingiber zerumbet (L.) Smith.). Jurnal EduMatSains, 2 (2), 147-160.
Utami, Ulvha Dwi. (2018) “Perbandingan Kualiatas Minyak Karo Hasil Produksi CV. Mejuah-Juah dan Cara Penyulingan. Skripsi. Departemen Teknologi Hasil Hutan Fakultas Kehutanan. Universitas Sumatera Utara. Medan
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/ja.v7i2.1116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional