Sosialisasi Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Terhadap Suku-Suku yang Ada Di Sumatera Utara Di SD Negeri 173551 Laguboti

Nurhanifa Tamba, Devita Sari, Mhd. Ridwan Imon Ginting

Abstract


Dunia pendidikan semakin berkembang pesat, berbagai macam pembaharuan dilakukan agar meningkatkan kualitas pendidikan. Seiring dengan perkembangan tersebut, kemampuan akan meningkatkan sumber daya manusia semakin meningkat terutama pada era modernisasi serta dalam dunia pendidikan. Media video merupakan salah satu jenis media audio visual yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi sikap siswa. Kegiatan pengabdian yang dilakukan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman guru dalam membuat media pembelajaran menarik dan kreatif untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan mendapatkan tanggapan positif  serta siswa antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Proses kegiatan pengabdian yang dilakukan sesuai dengan yang direncakan serta dapat dikatakan tujuan dari kegiatan pengabdian tercapai dapat dilihat dengan antusias guru dalam pembuatan video serta guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan efektif dan efisien dengan menggunakan video pembelajaran materi suku-suku yang ada di Sumatera Utara.

Keywords


Sosialisasi, Video Pembelajaran, Pengetahuan Siswa

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal., 2012, Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT, Media Creative, Yogyakarta

Gunawan, I., & Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom –Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. E-Jurnal Ikip Madiun, No.2 Vol 2 98-117, http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/PE/article/view/50

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805

Octavianty, R. e. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi KineMaster guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 26 Watang Palakka. Journal Lepa-Lepa, Vol. 1 No. 1, 280-286.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Al Hadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P., 2016, Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2): 48-58, (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/9009)

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. seminar nasional Program Studi PendidikanTekenologi Informasi. Sukabumi : Universitas Muhammadiyah.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID- 19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Widiatmika, D. G., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11786.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional