Sosialisasi Pengenalan Media Permainan Ular Tangga Pada Siswa SD Negeri 067243 Medan Selayang
Abstract
Keterampilan kognitif berperan penting bagi perkembangan cara berpikir siswa. Kognitif mempunyai pengertian yang luas mengenai cara berpikir dan mengamati, sehingga siswa memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan serta dapat menggunakan pengetahuannya tersebut. Dengan berkembangnya keterampilan kognitif siswa maka akan semakin banyak pengetahuan yang didapatkan oleh anak. Salah satu media pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan kognitif siswa adalah media permainan ular tangga. Permainan ular tangga ini bahkan mereka sudah kenal sejak usia prasekolah, karena anak-anak sering memainkannya di rumah bersama teman sepermainan mereka. Permainan ular tangga ini dapat melatih siswa untuk mengatur strategi bagaiman cara mencapai garis finish dengan urutan pertama. Namun sebagai media pembelajaran media permaianan ini dimodifikasi dengan menambahkan pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa untuk melangkah maju kedepan jika mampu pertanyaan tersebut. Jika tidak tetap berada dikotak awal tempat mereka berdiri sebelum masuk ke kotak pertanyaan. Media permainan ini dilakukan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 2-4 orang yang terdiri dari kemampuan yang heterogen. Dengan tujuan dapat membagikan ilmu yang mereka ketahui pada teman satu kelompoknya. Pertanyaan dari soal terdiri dari Bahasa Indonesia, IPAS dan Matematika. Dengan demikian diharapkan melalui media permainan ular tangga dapat meningkatkan keterampilan kognitif siswa kelas V SD Negeri 067243 Medan Selayang
Keywords
Sosialisasi, Media Pembelajaran, Ular Tangga
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional