Penerapan Ice Breaking dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 067243

Ulfah Sari Rezeki, Corry Restuina, Sabda Seriani Br Sembiring, Yeni Seftiani Br Marpaung

Abstract


Kegiatan ini bertujuan membantu siswa SD NEGERI 067243  untuk meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan semangat siswa melalui penerapan ice breaking dalam pembelajaran. Dengan adanya keterampilan ice breaking pada guru di saat pembelajaran diharapkan dapat membangun suasana belajar yang dinamis penuh semangat dan antusias yang menyenangkan, serius tapi santai dan tidak monoton dalam pembelajaran. Ice breaking ini adalah salah satu solusi untuk menjaga semangat siswa tetap tinggi dalam mengikuti pembelajaran, agar siswa termotivasi dan siswa kembali fokus pada pembelajaran. Penerapan ice breaking ini dilakukan dalam setiap awal pembelajaran di kelas. Tim PKM mencoba menerapkan metode pembelajaran dengan disisipkan icebreaking untuk mengetahui bagaimana penerapan metode ini apakah dapat optimal untuk diteruskan kedepannya dalam meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan semangat belajar siswa. Ice breaking yang gunakan yaitu games atau permainan dan menyanyikanagu-lagu di sertai dengan gerak tubuh. Metode penerapan ice breaking merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan semangat belajar siswa. Sehingga apabila diaplikasikan ke dalam pembelajaran di kelas, maka pembelajaran akanebih menyenangkan dan mampu meningkatkan suasana pembelajaran menjadiebih baik. Berdasarkan hasil observasi selama tiga hari penerapan ice breaking cukup optimal dalam menumbuhkan semangat belajar siswa dan dari tes yang diberikan diperoleh ada peningkatan hasil belajar siswa di SD NEGERI 067243  Medan.


Keywords


Katal Kunci : Ice Breaking, Hasil Belajar, Semangat belajar, Penerapan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional