HUBUNGAN KREATIVITAS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 040447 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2022/2023

Juwita Tindaon, Seri Nita Br Ginting Suka

Sari


Masalah dalam penelitian adalah kurang maksimalnya hasil belajar PKN siswa menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kreativitas siswa dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 040447 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kolerasi produk moment. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus Kolerasi Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran kreativitas siswa SD Negeri 040447  Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022 diperoleh nilai rata-rata 70,25termasuk katagori baik. Gambaran hasil belajar  siswa kelas V SD Negeri 040447 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022 diperoleh nilai rata-rata a70,25 termasuk katagori baik. Ada hubungan yang signifikan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 040447 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023, karena nilai t dalam hitungan  = 2,713 > t dalam tabel  = 2,16, yang artinya t dalam hitungan lebih besar dari t dalam tabel sehingga hipotesis diterima.


Kata Kunci


Kreativitas Siswa, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Atmaja Nanda Pramana. 2016. Buku Super Lengkap Evaluasi Belajar Mengajar: Panduan Lancar dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Dimyati Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ihsana, El Khuluqo. 2017. Belajar Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-nilai Spritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2010. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Khodijah, Nyayu. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Munandar Utami. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, 2011, Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan), Bandung PT Remajakarya.

Mulyono. 2016. Bukan Sekedar Mengajar: Buku Pegangan Agar Para Guru Menjadi Keretif, Inspiratif dan Prestatif. Yogyakarta: Real Book.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Pemula Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. 206. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2016. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2016. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Suharsimi Arikunto. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1153

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA