ANALISIS DAMPAK GAME MOBILE LEGENDS TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK
Sari
Penelitian ini mendeskripsikan tentang Dampak Game Mobile Legends terhadap Pola Interaksi anak di Cigadung Kab, Kota bandung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dan teknik wawancara. Informan dalam penelitian ini yaitu pemain mobile legends dan juga orang tua wali. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak game online mobile legends lebih dominan adalah dampak negatif dan kurangnya dampak positif. Dampak tersebut di lihat dari perilaku anak yang sering bermain game online mobile legends dan meliputi aspek sosial dan psikis saran dalam penelitian ini adalah para orang tua harus lebih bijak lagi dalam mengatur dan lebih memperhatikan anak dalam mengunakan waktunya dalam bermain game online. Selain itu para orang tua juga harus mampu mengawasi serta mengontrol segala perilaku yang dilakukan oleh anak.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Ali Amran, Eddy Marheni, Tjung Hauw Sin, R. Y. (2020). Kecanduan Game Online Mobile Legends Dan Emosi Siswa SMAN 3 Batusangkar. Jurnal Patriot, Volume 2N
Andriyanto Hasan, Abdul Rahmat, Y. N. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap PerilakuSosialRemaja. Student Journal of Community Empowerment, Volume (1), Halaman (1-13).
Ariantoro., T. R. (2016). Dampak Game Online terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM, 1/1, 45–50.
Dananjaya, A., & Kusumastuti, D. (2019). Students’ Perception on Online Game Mobile Legends for Vocabulary Development. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4(2), 53–55.
Lestari, I., Riana, A. W. and Taftazani, B. M. (2015) ‘Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga’, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), pp. 204–209. doi: 10.24198/jppm.v2i2.13280.
Maulida, H. (2013). Menelisik Pengaruh Penggunaan AplikasiGadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. JurnalIlmiah Teknologi Pendidikan 2013. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang
Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154
Mulyaningsih, I. E. (2014) ‘Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), pp. 441–451. doi: 10.24832/jpnk.v20i4.156.
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Novitasari, W. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS.
Nugrananda Janttaka, W. J. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 04 No.
Nurrachmawati. (2014). Pengaruh sistem operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal pengaruh system operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal Pengaruh Sistem Operasi Mobile Android Pada Anak Usia Dini. Makasar: FT Universitas Hasanuddin.
Rizaty, M. A. (2023) Sebanyak 33,4% Anak Usia Dini di Indonesia Sudah Main Ponsel. Available at: https://dataindonesia.id/internet/detail/sebanyak-334-anak-usia-dini-di-indonesia-sudah-main-ponsel (Accessed: 27 August 2023).
Sianturi, Y. R. U. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), pp. 276–284. doi: 10.31316/jk.v5i1.1430.
Siti Rahma Harahap (2020) ‘Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19’, Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Kebudayaan, 11(1), pp. 45–53. doi: 10.32505/hikmah.v11i1.1837.
Sofia, H., & Prianto, B. (2010). Panduan Mahir Akses Internet. Kriya Pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1156
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##