PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 044839 BULANJAHE TP 2022/2023
Sari
Penelitian yang dilaksanakan ini tujuan adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 044839 Bulanjahe . Subjek penelitian ini adalah kelas IV berjumlah 18 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka, meskipun begitu kualitatif sebagai pendukungnya dimana pengumpulan data menggunakan instrument penelitian angket serta dokumentasi sebagai data pendukung penelitian.
Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa Fasilitas belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 044839 Bulanjahe, hasil uji nilai selisih menunjukkan bahwa varibel Fasilitas belajar mampu memperkuat pengaruh terhadap Hasil belajar. Dengan demikian variabel Fasilitas Belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi, (2010) Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta
Alizamar (2016) Teori belajar dan pembelajaran implementasi dalam bimbingan kelompok belajar di perguruan tinggi. Yogyakarta: Media akademi
Dimiyati, (2021) Hasil Belajar dari Perswpektif Dukungan Orang Tua dan Minat Siswa. Sulawesi selatan: Global research Consulting institute
Udin S. Winantaputra (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: Buku materi pokok
Fitri (2020), Pengertian Administrasi Sarana Prasarana, Proses Administrasi Sarana dan Prasarana dan peran Guru dalam Administrsi Sarana Prasarana
Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 2(1), 13-22.
Ikhfan Haris, (2016 ) Manajemen fasilitas pembelajaran, Gorontalo ; Universitas Negeri Gorontalo Press
Imam Jayanto (2021). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara Abadi
Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Prosda Karya
Oki Dermawan (2020. Manajemen Manfaat Pendidikan. Jakarta timur: Edu Pustaka
Oda kinanta (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana pendidikan. Medan: Penerbit Widya Puspita
Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212-224.
Reski, A. (2018). Pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar fisika mahasiswa. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 001-008.
Sagala Syaiful, (2007) Manjemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung : Alfabeta
Sunandi, Alvita febri hidayana (2021) Jurnal Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Nural Ulum Madium . Jurnal Paradigma
Yenny sujana, (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara Abadi
Zafar, M,A & Afriansyah (2019) Administrasi Sarana Prasarana
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1183
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##