PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 044839 BULANJAHE TP 2022/2023

Pelista Br Karo Sekali, Jainab Jainab, Datten Datten, Srie Faizah Lisnasari

Sari


Penelitian yang dilaksanakan ini tujuan adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 044839 Bulanjahe  . Subjek penelitian ini adalah kelas IV berjumlah 18 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka, meskipun begitu kualitatif sebagai pendukungnya dimana pengumpulan data menggunakan instrument penelitian  angket serta dokumentasi sebagai data pendukung penelitian.

Hasil penelitian penelitian menunjukkan  bahwa Fasilitas belajar siswa  berpengaruh  signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 044839 Bulanjahe, hasil uji nilai selisih menunjukkan bahwa varibel  Fasilitas belajar mampu memperkuat pengaruh terhadap Hasil belajar. Dengan demikian variabel Fasilitas Belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa


Kata Kunci


Fasilitas Belajar siswa, Tersedia sesuai kebutuhan, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi, (2010) Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta

Alizamar (2016) Teori belajar dan pembelajaran implementasi dalam bimbingan kelompok belajar di perguruan tinggi. Yogyakarta: Media akademi

Dimiyati, (2021) Hasil Belajar dari Perswpektif Dukungan Orang Tua dan Minat Siswa. Sulawesi selatan: Global research Consulting institute

Udin S. Winantaputra (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: Buku materi pokok

Fitri (2020), Pengertian Administrasi Sarana Prasarana, Proses Administrasi Sarana dan Prasarana dan peran Guru dalam Administrsi Sarana Prasarana

Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 2(1), 13-22.

Ikhfan Haris, (2016 ) Manajemen fasilitas pembelajaran, Gorontalo ; Universitas Negeri Gorontalo Press

Imam Jayanto (2021). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara Abadi

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Prosda Karya

Oki Dermawan (2020. Manajemen Manfaat Pendidikan. Jakarta timur: Edu Pustaka

Oda kinanta (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana pendidikan. Medan: Penerbit Widya Puspita

Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212-224.

Reski, A. (2018). Pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar fisika mahasiswa. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 001-008.

Sagala Syaiful, (2007) Manjemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung : Alfabeta

Sunandi, Alvita febri hidayana (2021) Jurnal Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Nural Ulum Madium . Jurnal Paradigma

Yenny sujana, (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara Abadi

Zafar, M,A & Afriansyah (2019) Administrasi Sarana Prasarana




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA