PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF SEDERHANA PADA KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PKN
Sari
Dunia pendidikan dewasa memasuki era dunia media, di mana kegiatan pembelajaran menuntut dikuranginya metode ceramah dan diganti dengan pemakaian banyak media. Lebih- lebih pada kegiatan pembelajaran saat ini yang menekankan pada keterampilan proses dan aktif learning, maka kiranya peranan media pembelajaran.
Pemanfaatan media pembelajaran pada era ini dapat meningkatkan mutu pendidikan pula, yaitu dengan cara membuka lebar-lebar terhadap akses ilmu pengetahuan dan penyelenggaraan pendidikan bermutu. Dengan adanya media pembelajaran guru dapat memanfaatkan berbagai sarana pendukung yang memudahkanya dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran diantaranya dengan menggunakan power point. Dengan media power point ini akan lebih memotivasi dan proses pembelajaran akan lebih baik. Power point itu sendiri dapat dirancang oleh guru sehingga pembelajaran tidak kaku.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Suriansyah, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK (Proses dan Permasalahannya). Paradigma, 10(2).
Maria, E., & Sediyono, E. (2023). Pengembangan model manajemen pembelajaran berbasis tik di sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59-71.
Faishol, R. (2022). Pengembangan Paket Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas VIII di Mts Puspa Bangsa Banyuwangi.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Darmawan, D., & Bariyah, S. H. (2021). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle dan Facebook Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Teknodik, 227-240.
Fathoni, M. I., & Marpanaji, E. (2018). Pengembangan e-book interaktif mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk SMK kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 70-81.
Purnanindya, R., & Munir, M. (2019). Pengembangan Game Edukasi Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Tik Untuk Siswa Kelas 3 SD Negeri Pujokusuman 2 Yogyakarta. EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika), 2(2).
Emizoli, M. (2020). Pengembangan desain kurikulum pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis tik (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hudiono, B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis TIK Menggunakan Slideshow Powerpoint by Using Audio Effect bagi Guru Matematika SMP Pedalaman Kubu Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1194
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##