KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SETELAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS V UPT SDN 101831 BINTANG MERIAH
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih tinggi kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan di UPT SD Negeri 101831 Bintang Meriah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023, dengan populasi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 48 orang yang terdiri dari 2 kelas dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kemampuan komunikasi matematis pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif NHT diperoleh rata-rata 74,48 dengan kriteria sedang, pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 64,90 dengan kriteria rendah. Berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Ade Haerullah dan Said Hasan. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Lintas Nalar. http://repository. unkhair.ac.id/99/
Ali Hamzah & Muhlisrarini. (2018). Perencanan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Andi Sulistio dan Nik Haryanti. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalinggga: Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/408751-model-pembelajaran-kooperatif-cooperativ-609b9c2e.pdf
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://www.gurusukses.com/model-model-pembelajaran.pdf
Eksan dan Dadi Purnama. (2019). Seni Komunikasi Kapan Saja & Dimana Saja. Yogyakarta: C-Klinik Media.
Jusmawati, dkk. (2021). Model-Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Samudra Biru.
Imas Kurniasih & Berlin Sani. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Mohammad Archi Maulyda. (2019). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH
Muhamad Afandi, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf
Sinaga, Dameria. (2019). Pembelajaran Strategy Cooperative Learning. Jakarta: UKI Press.
Sudjana. (2017). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Media Group
Ummi Hanik Nashiha. (2020). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Saintifik: Sebuah Perspektif. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2): 179-188.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1214
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##