PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS DESKRIPSI DI KELAS V SD TAHUN AJARAN 2023/2024
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan soal berbasis HOTS terhadap kemampuan siswa menulis deskripsi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 064025 Jl. Flamboyan Raya Medan T.A. 2023/2024 pada 16–18 Januari 2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas kontrol berjumlah 24 orang. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan tes penugasan sebagai alat penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis deskripsi di kelas eksperimen memperoleh nilai rat-rata 68. Nilai post test setelah dengan pemberian soal berbasis HOTS, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen menjadi 75,29. Kemampuan menulis siswa di kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 66,18 setelah dilakukan post test dengan memberikan soal LOTS mendapat nilai rata-rata 69,78. Berdasarkan hasil uji signifikansi diketahi bahwa ada pengaruh penggunaan soal berbasis HOTS terhadap kemampuan siswa menulis deskripsi di kelas V SD Negeri 064025 Jl. Flamboyan Raya Medan T.A. 2023/2024.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Abdullah, Ridwan, 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS. Tangerang: Tira Smart
Asep & Abdul, 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Besse Qur’ani. 2023. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: CV Tahta Media Group.
Dzikra Surya Purwana, 2022. Pendidikan Indonesia Dilihat dari Kacamata PISA dan TIMSS, Kompasiana :Beyond Blogging
El Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Pusaka Pelajar
Febrina Dafit, Siti Quratul Ain, Leny Julia Lingga. 2023. Belajar dan Pembelajaran dI SD. Purbalingga, Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Haryati, 2017. Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Pendekatan Proses Siswa.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1216
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##