ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DAN DAMPAK PERUNDUNGAN DI KELAS V SD 040443 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024

Dewi Afriany Susanti, Jainab Jainab, Srie Faizah Lisnasari, Datten Datten

Abstract


Dengan tujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perundungan di sekolah dasar dan mengukur dampaknya, penelitian ini berupaya memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya pencegahan. Metode penelitian yang akan diimplementasikan mencakup studi literatur untuk memahami konseptualisasi perundungan, pengembangan angket skala Likert yang mencakup faktor-faktor perundungan dan dampaknya, dan pengumpulan data melalui distribusi angket serta wawancara mendalam. Analisis data dengan metode statistik diharapkan dapat menghasilkan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor krusial perundungan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada Dinamika hubungan antar-siswa, terdapat jenis intimidasi secara fisik terjadi sebesar 15%, verbal 20% dan sosial 10%. Pada poin peran guru dan pengawas sekolah terdapat kepercayaan terhadap kemampuan guru megidentifikasi perundungan 3,5 dari 5, kepercayaan siswa untuk melaporkan perundungan kepada guru sebesar 75%. Skor rata-rata kepuasan siswa terhadap budaya sekolah: 4,2 dari 5. Jumlah program pencegahan perundungan yang diimplementasikan di sekolah sebanyak 3. Siswa yang mengakui terpengaruh perilaku di media sosial terkait perundungan: 30%. Siswa yang menyatakan tren perilaku di luar sekolah memengaruhi lingkungan kelas: 25%. Korelasi antara dinamika hubungan antar-siswa dan tingkat keparahan perundungan: 0,65 (p < 0,01), dengan kontribusi dinamika sebesar 45%. Dampak Psikologis: Persentase siswa yang mengalami penurunan motivasi belajar: 18%, Skor rata-rata gangguan mental pada siswa: 2,8 dari 5. Dampak Akademis: Siswa yang mengalami penurunan nilai akademis: 12%. Skor rata-rata keberhasilan akademis siswa: 7,2 dari 10.

Kesimpulan penelitian ini, tingkat perundungan yang dialami cukup tinggi, dinamika antar-siswa merupakan faktor yang paling dominan memengaruhi tingkat perundungan, peran guru dan pengawas kelas, penting dalam mencegah perundungan dan faktor-faktor eksternal seperti pengaruh perilaku di media sosial dan tren perilaku di luar sekolah memengaruhi tingkat perundungan. Perundungan dapat berdampak negatif terhadap psikologis dan akademis siswa.

Keywords


Perundungan, Sekolah Dasar, Faktor-faktor Perundungan, Dampak Perundungan.

Full Text:

PDF

References


(2016). Recollections of childhood bullying and multiple forms of victimization: correlates with psychosocial and academic functioning among college students. Social Psychology of Education, 19(4), 715-728.

Bronfenbrenner, U. (1979). "The ecology of human development: Experiments by nature and design." Cambridge, MA: Harvard University Press.

Gini, G., & Pozzoli, T. (2013). Bullied children and psychosomatic problems: A meta-analysis. Pediatrics, 132(4), 720-729.

Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2018). "Bullying beyond the schoolyard: Preventing and responding to cyberbullying." Thousand Oaks, CA: Sage.

Kowalski, R. M., Limber, S. P., & Agatston, P. W. (2012). Cyberbullying: Bullying in the digital age. John Wiley & Sons.

Olweus, D. (1993). "Bullying at school: What we know and what we can do." Malden, MA: Blackwell.

Rigby, K. (2002). "New perspectives on bullying." London: Jessica Kingsley Publishers.

Salmivalli, C., Lagerspetz, K., Björkqvist, K., Österman, K., & Kaukiainen, A. (1996). "Bullying as a group process: Participant roles and their relations to social status within the group." Aggressive Behavior, 22(1), 1-15.

Swearer, S. M., Espelage, D. L., Vaillancourt, T., & Hymel, S. (Eds.). (2010). "What can be done about school bullying? Linking research to educational practice." New York, NY: Wiley.

.Sourander, A., Brunstein Klomek, A., Ikonen, M., Lindroos, J., Luntamo, T., Koskelainen, M., ... & Almqvist, F. (2010). Psychosocial risk factors associated with cyberbullying among adolescents: a population-based study. Archives of General Psychiatry, 67(7), 720-728.

Ttofi, M. M., Farrington, D. P., Lösel, F., & Loeber, R. (2011). Do the victims of school bullies tend to become depressed later in life? A systematic review and meta-analysis of longitudinal studies. Journal of Aggression, Conflict and Peace Research, 3(2), 63-73.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional