PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN MEDIA APLIKASI KINEMASTER ERASOCIETY 5.0 DI SDN 064992 MEDAN AMPLAS

Nurhanifa Tamba, Mariani Mariani, Kharisma Wati Tamba

Abstract


Semua aspek kehidupan masyarakat, termasuk pendidikan, dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi saat ini. Dalam dunia pendidikan, peran ICT (Information and Communication Technology) sangat besar dari segi manfaat dan kelebihan yang ditawarkannya, seperti kemudahan akses ke pendidikan dan kemampuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran antara guru dan siswa. Kinemaster adalah aplikasi penyuntingan video berbasis perangkat bergerak yang memiliki konsep bebas digunakan atau berlangganan untuk dukungan teknis. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan hasil belajar aspek kognitif. Hasil belajar aspek kognitif mengalami perbedaan rata-rata nilai pretest sebesar 59,30 dan posttest sebesar 85,28. Hasil belajar aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 25,98. Hasil uji t yang diperoleh bahwa t hitung > t tabel yaitu 3,269 >1,688 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, jadi dengan menggunakan video pembelajaran dengan alat bantu kinemaster dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi betapa pentingnya kehadiran teknologi yang sesuai dengan era masyarakat 5.0 dalam dunia pendidikan untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Pembelajaran Berbasis ICT, Kinemaster, Era Society 5.0

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal., 2012, Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT, Media Creative, Yogyakarta

Gunawan, I., & Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom –Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. E-Jurnal Ikip Madiun, No.2 Vol 2 98-117, http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/PE/article/view/50

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Octavianty, R. e. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi KineMaster guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 26 Watang Palakka. Journal Lepa-Lepa, Vol. 1 No. 1, 280-286.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Al Hadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P., 2016, Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2): 48-58, (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/9009)

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. seminar nasional Program Studi PendidikanTekenologi Informasi. Sukabumi : Universitas Muhammadiyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional