ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

Vera Dewi Kartini Ompusunggu, Silvani Lawken Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa SD pada mata pelajaran matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD 060933 pada kelas VI tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode pengumpulan data berupa metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a). hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika memiliki nilai rata-rata kurang dari nilai KKM sekolah b). tingkat kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika termasuk dalam ketegori sedang, c). lingkungan belajar siswa termasuk dalam ketegori sedang, d). kemandirian belajar siswa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, e). lingkungan belajar siswa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata belajar matematika, f). kemandirian belajar siswa dan lingkungan belajar siswa secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.


Keywords


Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aryani, Ery. Peningkatan Perilaku Mandiri Melalui Metode Bermain Peran Siswa Kelompok A di TK Dharma Wanita Desa Sanggrahan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung,2016, (https://repository.uksw.edu/) diunduh pada Minggu 4 Oktober 2020 pukul 23.00 WIB

Bunandar, Suryani dan Ade Eny. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X MAS AL-Mustaqim Kubu Raya. Skripsi Universitas Muhammadiyah Pontianak.2016.

(http://repository.unmuhpnk.ac.id) diunduh pada hari Minggu, 23 Agustus 2020, pukul 14.00 WIB.

Ningsih, Rita dan Arfatin Nurrahman. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Formatif : Jurnal ilmiah Pendidikan MiPA. 2016. (https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/754/663) diakses pada 30 Oktober 2020 pukul 15.30 WIB

Salima, Hafsah. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SDI AL-Azhar 17 Bintaro, Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019, (http://repository.uinjkt.ac.id//) diunduh pada hari Jumat tanggal 21 Agustus 2020 pukul 10.00 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional