Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD N 104215 Sudirejo tahun pelajaran 2023/2024. Sampel diambil secara cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas 4 A dan kelas 4 B yang masing-masing berjumlah 27 siswa dan 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Kelas A diberikan pembelajaran metode konvensional sedangkan kelas B diberi perlakukan metode talking stick. Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh dengan penerapan dan perlakuan tersebut maka diberikan tes kepada siswa. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai hasil belajar IPA siswa. Jika data normal dan homogen maka analisis data dilakukan dengan uji-t dua sampel. Jika data tidak normal dan tidak homogen maka digunakan uji non parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Karena dari uji data ditemukan data tidak normal maka dilakukan uji beda non parametrik. Dari uji Mann-Whitney diperoleh nilai asymp signifikansi 0,028 < 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang diberi perlakuan metode konvensional dengan metode talking stick sehingga metode pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci
Metode pembelajaran, Talking stick
Referensi
Fithriyah, M., & Fitriana, D. (2019). PENGGUNAAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KAMPUAN HANDS-ON SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI MI ISLAMIYAH DINOYO TERDEPAN LAMONGAN. Elementary, 231-250.
Ekaswari, N. M. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 112-117.
Hernawati, A. R. (2019). PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA ARTIKEL. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(2), 93-98.
Kurniati, Y., & Kisworo, B. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA KURSUS BAHASA KOREA DI LPK MASTER KOREA CILACAP. Jendela PLS, 1-9.
Nym, D., Sukarpiani, M., & Dibia, K. (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DI GUGUS VII BONTIHING. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).