HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 065013 KOTA MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Ulfa Sari Rezeki, Tina Sheba Cornelia, Tiara Fratika Manik

Abstract


Sistem Pendidikan Nasional1 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana bealjar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan Kewarganegaraan2 sebagaimana dijelaskan dalam Permendiknas NO 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan Pendidikan dasar dan menengah merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Keadaan emosional setiap siswa berbeda antar siswa satu dengan yang lainnya, hal itu dikarenakan kecerdasan emosional setiap siswa berbeda-beda. Kecerdasan emosional Sebagian suat kemampuan untuk mengendalikan, mengorganisasikan dan mempergunakan emosi kearah kegiatan yang mendatangkan hasil optimal3. Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan kecerdasan emosional adalah kemampuan siswa untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (Kerjasama) dengan orang lain. Emosi berpengaruh besar pada kualitas dan kuantitas belajar. Emosi yang positif dapat mempercepat proses belajar dan mencapai hasil belajar yang lebih baik4. Oleh kaarena itu, pembelajaran yang berhasil haruslah dimulai dengan menciptakan emosi yang positif pada diri pembelajar. Observasi yang dilakukan di SD Negeri 065013 Kota Medan Menemukan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas V masi rendah. Permasalahan tersebut di tunjukkan dengan data dokumentasi nilai dibawah KKM (70) dan rata-rata kelas yaitu 68,1

Keywords


Emotional Intelligence, Learning outcomes, Civics Learning

Full Text:

PDF

References


Djali, H. (2013), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelligence. Jakarta : Gramedia

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali

Lestari, P dkk. Tingkat Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Konseling Koperhensif. 6 (1). 11-20.

Moh. Roqib.2019. Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: LkiS

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta

Republik Indonesia. 2006. Undang-undang no. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Sekretariat Negara. Jakarta R

Soeparwoto. 2007. Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT MKK UNNES

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana

Wahyuni, Esa Nur., Baharuddin. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Winarno. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi, Strategi, dan Penilaian.Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional