PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SMP NEGERI 2 SAWO

Ikhlas Agen Munasabah Telaumbanua, Yakin Niat Telaumbanua

Sari


Model pembelajaran Pair Check adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif berpasangan dengan tujuan untuk lebih mendalami materi yang dipelajari. Model ini menerapkan pembelajaran berkelompok yang menuntut kemandirian dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan, sehingga dapat melatih rasa sosial siswa, kerja sama dan kemampuan memberi penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 2 Sawo. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-1 dengan jumlah siswa 28 orang sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 29 orang sebagai kelas Kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Topik materi pelajaran yang diajarkan yaitu Statistika. Hasil penelitian: (1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis di kelas VIII-1 dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check yaitu 83,21 tergolong baik dan kelas VIII-2 menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 69,83 tergolong cukup. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 2 Sawo. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,538 dan nilai ttabel = 1,676 karena nilai thitung = 6,538 > dari nilai ttabel = 1,676 maka terima Ha dan tolak H0.

Kata Kunci


Pair Check, Kemampuan, Pemecahan Masalah

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aprida dan Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Volume 3. Nomor 2.

Arafani, Elma Lusiana, dkk. 2019. Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah

Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Volume 3. Nomor 2.

Arifin, Sartika dan Aprisal. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair

Checks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Volume 11.

Nomor 1.

As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2017. Buku Guru Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VIII.

Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bistari, Basuni Yusuf. 2018. Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian

Pembelajaran dan Keilmuan. Volume 1. Nomor 2.

Dewi, dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap

Pemahaman Kosep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Marga.

Volume 10. Nomor 2.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasratuddin. 2017. Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang

Berbasis Karakter. Volume 1. Nomor 2.

Hesti, dkk. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Volume 26. Nomor 2.

Huda, Miftahul. 2018. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Irianto, Agus, H. 2011. Statistik (Konsep Dasar dan Aplikasinya). Jakarta: Kencana.

Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kemendikbud. 2017. Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan

Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdfasarkan Kurikulum 2013.

Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang,

Kemedikbud.

Kharisma, Jeaniver Yuliane dan Aslim Asman. 2018. Pengembangan Bahan Ajar

Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Volume 1. Nomor 1.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian

Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Melani, dkk. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap

Kemampuan Numerik Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Gianyar. Volume 10.

Nomor 1.

Muhid, Abdul. 2019. Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan

SPSS for Windows. Sidoarjo: Jifatama Jawara.

Muksin, dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Pair Cheks Berbasis Tugas

Pengajuan Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Siswa. Volume 7. Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1349

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA