HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN MUTU PENDIDIKAN SMA NEGERI SE-KECAMATAN DOLOKSANGGUL

Hokkop Tua Situmeang, Lustani Samosir, Sandy Ariawan, Wilson Simanjuntak, Elsina Sihombing

Sari


Latarbelakang penelitian ini adalah rendahnya mutu pendidikan SMA Negeri se-Kecamatan Doloksanggul dimana masih banyak siswa/siswi yang tidak masuk perguruan tinggi negeri. Hipotesa dalam penelitian ini yakni: 1) Terdapat hubungan yang positif komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan mutu pendidikan SMA Negeri sekecamatan Doloksanggul; 2) Terdapat hubungan yang positif motivasi kerja guru dengan mutu pendidikan di SMA Negeri se-kecamatan Doloksanggul; 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan mutu pendidikan SMA Negeri se-kecamatan Doloksannggul. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan statistik deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri seKecamatan Doloksanggul dengan populasi sebanyak 97 orang guru yang juga merupakan sampel dari penelitian. Dari hasil analisis data yaitu: a) uji hipotesa X1 dengan Y secara parsial diperoleh rhitung sebesar 0,944 > dari rtabel sebesar 0,1996 sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima yaitu terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan mutu pendidikan SMA Negeri se-Kecamatan Doloksanggul; b) uji hipotesis X2 terhadap Y secara parsial diperoleh rhitung sebesar 0,840 > dari rtabel sebesar 0,1996 sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima yang artinya terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat motivasi kerja guru dengan variabel mutu pendidikan SMA Negeri se-Kecamatan Doloksanggul; c) uji hipotesis X1 dan X2 secara simultan dengan Y diperoleh rhitung sebesar 0.979 > dari rtabel sebesar 0,1996 artinya terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat komunikasi interpersonal kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara simultan dengan mutu pendidikan SMA Negeri seKecamatan Doloksanggul.

Kata Kunci


Principal Interpersonal Communication, Teacher Work Motivation, Education Quality

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agustini, Fauzia. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: Uisu Press

Ibrahim, Tatang & H. A. Rusdiana. (2021). Manajemen Mutu Terpadu. Bandung: Penerbit Yrama Widya

Joen, Siemze, dkk. (2022). Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru. Palu: Magama

Karnati, Neti. (2019). Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Aceh: Cv. Bunda Ratu

Musfah, Jejen. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan Teori Dan Kebijakan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Oktaviani, Ria Putri., & Indra, Eka Novita. (2014). Komunikasi Interpersonal Pelatih Sepak Bola. Medikora Vol. XIII No. 1

PP No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Song, Ziying. (2022). Interpersonal Communication Research in Metaverse-Taking Si-Fi Films as Examples. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 664: Atlantis Press

https://www.atlantis-press.com/article/125974980.pdf

Supardi. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Syamsudin. (2022). Optimalisasi OCB (Organizational Citizen Behavior) Guru, (Perspektif Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja). Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.

Tsauri, Sofyan. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: Stain Jember Press




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1357

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA