HUBUNGAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN DOLOKSANGGUL

Anna Dewi Siringoringo, Simion D Harianja, Betty Arly Sonti Pakpahan, Binur Panjaitan, Bernard B Lubis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Komunikasi Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan baik secara bersama-sama maupun secara parsial dengan hipotesis terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Komunikasi Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SMP Negeri yang ada di Kecamatan Doloksanggul berjumlah 176 orang dengan sampel 88 orang. Instrumen penelitian berupa angket tertutup, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Ketiga hipotesis dalam penelitian ini terbukti, hipotesis pertama koefisien korelasi (rx1y) = 0.689 > rtabel (0.05,88) = 0,213 dan nilai Sig = 0.000 < 0.05 atau nilai thitung =8,806 > ttabel (0.05,88-2) = 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Komunikasi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Hipotesis kedua diperoleh nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0.683 > rtabel (0.05,88) = 0,213 dan nilai Sig = 0.000 < 0.05 atau nilai thitung =8,679 > ttabel (0.05,88-2) = 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Budaya Organisasi Dengan Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Hipotesis ketiga koefisien korelasi ganda (R) = 0.775 683 > rtabel (0.05,88) = 0,213 dan nilai Sig. F change = 0.000 < 0.05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang positif signifikan antara komunikasi kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara komunikasi kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan baik secara bersama-sama maupun secara parsial karena telah teruji secara empiris.

Kata Kunci


Principal Communication, Organizational Culture, Teacher Performance.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Horrison, E Brush., Mühlberg, Judith. (2014). Leadership Communication: How Leaders Communicate and How Communicators Lead in Today’s Global Enterprise. United States of America: Business Expert Press, LLC.

Khairiah. (2020). Kinerja Guru Dalam Perspektif Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja. Bengkulu: Zigie Utama

Koesomowidjojo, Suci R. Mar‟ih. (2021). Dasar-Dasar Komunikasi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer

Madjid. Abdul. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui: Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru

Mas, Sitti Roskina., Haris, Phil Ikhfan. (2020). Komunikasi dalam Organisasi (Teori dan Aplikasi). Gorontalo: UNG Press

Masrum. (2021). Kinerja Guru Profesional. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara

Mulyaningsih. (2018). Budaya Organisasi. Bandung: CV Kimfa Mandiri

Nurhayati, Siti. (2019). Supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. Lampung: CV Iqro

Suwindia, I Gede., Wati, Ni Nyoman Kurnia. (2021). Kinerja Pegawai. Bali: Mpu Kuturan Press

Tuala, Ryuzen Praja. (2020). Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam. Bandar Lampung: Pusaka Media

Widagdo, Suwignyo., Mohammad Archi Maulyda & Emy Kholifah R. (2020). Penilaian Kinerja, Budaya Kerja, dan Kepemimpinan (Optimalisasi Peningkatan Kinerja Guru). Jawa Timur: Mandala Press




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1359

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA