PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TIK OLEH GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN DOLOKSANGGUL
Rugun Nisba Purba, Hanna Dewi Aritonang, Martua Sihaloho, Betty A.S. Pakpahan, Hisardo Sitorus
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) besaran pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap minat belajar siswa SMP Negeri di kecamatan Doloksanggul; 2) besaran pengaruh pembelajaran berbasis TIK terhadap minat belajar siswa; 3) besaran pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan pembelajaran berbasis TIK secara simultan terhadap minat belajar siswa SMP Negeri di kecamatan Doloksanggul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif inferensial. Populasi adalah seluruh guru di SMP Negeri se-kecamatan Doloksanggul yaitu berjumlah 176 orang dan ditetapkan sampel sebanyak 125 orang menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 60 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) nilai F hitung > F tabel antara kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap minat belajar siswa yaitu 22,682 > 3,07 dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Doloksanggul yaitu sebesar 15,6%, 2) nilai F hitung > F tabel antara pembelajaran berbasis TIK terhadap minat belajar siswa yaitu 21,760 > 3,07 dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang antara pembelajaran berbasis TIK terhadap minat belajar siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Doloksanggul yaitu sebesar 15%, 3) nilai F hitung > F tabel antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan pembelajaran berbasis TIK terhadap minat belajar siswa yaitu 17,314 > 3,07 dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan pembelajaran berbasis TIK terhadap minat belajar siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Tarutung yaitu sebesar 22,1% dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata Kunci
Managerial Competence of School Principals, Use of ICT-Based Media, Interest in Learning.
Teks Lengkap:
PDF (English)
Referensi
Hamdana. (2019). Media Pembelajaran Berbasis ICT: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press
Rukminingsih dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Erhaka Utama.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jarinngan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahli Media Press.
Turisia, a dkk. (2021). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 4 Tahun 2021 Halm 1985 - 1996 .Edukatif: jurnal ilmu pendidikan
Trygu. (2021). Menggagas Konsep Minat Belajar MatemaTIKa. Gunungsitoli: Spasimedia Member of Guepedia Group.
Widiasworo Erwin. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa diLuar Kelas.Yogyakarta: Ar-ruzz Media
DOI:
http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1365
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
WA Redaksi 085276821341
atau Klik Icon WA