HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU DENGAN KEBERHASILAN PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN LINTONGNIHUTA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

Mega Sonata Parhusip, Iwan Setiawan Tarigan, Oktober Tua Aritonang, Lince Sihombing, Wilson Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dengan keberhasilan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) secara bersama-sama maupun secara parsial dengan hiposteis terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dengan keberhasilan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) secara secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SMP Negeri yang mengajar P5 di Kecamatan Lintongnihuta berjumlah 93 orang dengan sampel 32 orang. Instrumen penelitian berupa angket tertutup, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji coba angket dilakukan kepada 30 orang yang bukan sampel penelitian, dan telah teruji dengan uji validitas dan reliabilitas. Ketiga hipotesis dalam penelitian ini terbukti, hipotesis pertama koefisien korelasi (rx1y) = 0.982 > rtabel = 0,349 dan nilai Sig = 0.000 < 0.05 atau nilai thitung = 28,240 > ttable (0.05,32-2) = 2,042. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan keberhasilan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri se-Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan. Hipotesis kedua diperoleh nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,683 > rtabel = 0,349, dan nilai Sig = 0.000 < 0.05 atau nilai thitung =5,125 > ttable (0.05,32-2) = 2,042. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja guru dengan keberhasilan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri se-Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan. Hipotesis ketiga koefisien korelasi ganda (R) = 0.985 > rtabel = 0,349, dan nilai Sig. F change = 0.000 < 0.05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersamasama dengan keberhasilan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri se-Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dengan keberhasilan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri se-Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan baik secara bersama-sama maupun secara parsial karena telah teruji secara empiris.

Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Andang. 2019. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: AR-Ruzz Media

Gary, and Yulk. 2010. “Leadership in Organizations.” Upper Saddle River

Herlambang, Dkk. 2022. “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia.” Universitas Pendidikan Indonesia

Lahagu, Atozanolo. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Sekolah Kristen.” Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana 10, no. 1.

Saragih, Elianti Nurmian. 2021. Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar. Jogjakarta: Deepblusih

Susilawati, Eni, & Saleh Sarifuddin. 2021. “Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with ‘Merdeka Mengajar’ Pl.” Pusat Data Dan Teknologi Infornasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Jakarta

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka, n.d




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional