PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Swasta HKBP Teladan Jl. Sempurna No.30 Medan dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Dimana mata pelajaran yang di teliti adalah mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode diskusi dikelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dapat meningkat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, korelasi, uji t serta koefisien determinasi (R2).Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa 1) Uji t menunjukkan Ho ditolak, thitung > ttabel, yaitu 3,343 > 2,018 dan nilai signifikan <0,05, yaitu 0,02 < 0,053) Hasil perhitungan untuk nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,255, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa SD Swasta HKBP Teladan Jl. Sempurna No.30 Medan dipengaruhi oleh metode diskusi sebesar 0,255 atau 25,5% dan sisanya 74,5% dipengaruhi oleh faktor selain metode diskusi yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ihsan El Khuluqo.2017. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Karwono. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i1.1370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional