PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040443 KABANJAHE

Elisabeth R L Sinaga, Sita Verbina Br Ginting

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran active learning teknik jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Variabel terikat pada penelitian yaitu keterampilan berbicara, sedangkan variabel bebasnya adalah model active learning teknik jigsaw. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe yang berjumlah 41 siswa. Teknik untuk menentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah dengan undian. Kelompok eksperimen yaitu kelas IVB dan kelompok kontrol yaitu kelas IVA. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. T-test digunakan untuk menguji hipotesis dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model active learning teknik jigsaw terhadap keterampilan berbicara. Terdapat perbedaan secara signifikan antara kelompok eksperimen dengan menggunakan model active learning teknik jigsaw dan kelompok kontrol dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai Sig sebesar 0,000 menyatakan < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada perbedaan yang signifikan perubahan keterampilan berbicara kelompok eksperimen dengan perubahan keterampilan berbicara pada kelompok kontrol. Perubahan tersebut berupa peningkatan keterampilan berbicara. Sementara dilihat dari rata-rata perubahan keterampilan berbicara, kelompok kontrol sebesar 1,6944 dan kelompok eksperimen sebesar 3,6174 artinya perubahan keterampilan berbicara kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol.


Kata Kunci


model active learning teknik jigsaw, pembelajaran keterampilan berbicara

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aaro. 2011. Profil perkembangan anak Penerjemah: Valentino. Jakarta: Indeks.

Arsyad dan US. 2013. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa .rev.ed. Bandung: Angkasa.

Abdullah, Ambo Enre. 2014. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan. Ujung Pandang: FIP-IKIP.

Hollingsworth, Pat & Lewis Gina. 2012. Pembelajaran aktif: meningkatkan keasyikan kegiatan di kelas.Penerjemah: Dwi Wulandari. Jakarta: Indeks.

Hurlock, 2012. Perkembangan dan belajar peserta didik. Jakarta:Debdikbud Dirjen Dikti.

Maidar, Mukti. 2013. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Nur Asma. (2014). Model pembelajaran kooperatif. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Saleh Abbas. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif di SekolahDasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat JenderalPendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Sri Hastuti dkk. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: UPP IKIPYogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA