IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KINCIR ANGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PERKALIAN SISWA KELAS III DI SD NEGERI 173551 LAGUBOTI

Nurhanifa Tamba, Eben Ezer Deo Ginting, Mario Nugraha Sitepu

Sari


Peranan media sangat penting di dalam pembelajaran karena mampu membangkitkan motivasi dan minat siswa dalam belajar, sehingga dengan adanya motivasi, akan berpengaruh pada bagus atau tidaknya hasil belajar. Adapun yang disebut dengan hasil belajar adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar (Ahmad, 2016). Jadi hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Karena belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh bentuk perubahan prilaku yang relatif menetap, dengan adanya media pembelajaran kincir angin dapat membantu siswa meningkatkan hasil perkalian siswa kelas III SD Negeri 173551 Laguboti. Dari penjelasan yang sudah diuraikan, penelitian yang bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran kincir angin dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode deskriptif dan akan diterbitkan pada jurnal Curere di Universitas Quality

Kata Kunci


Implementasi, Kincir angin, Hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arief S. Sadiman, Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, Media Pembelajaran Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya (Jakarta: Raja Grafindo, 2007)

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran,Jakarta: Ciputat Pres

Gunawan, I.,&Palupi, A. R. 2012.Taksonomi Bloom –Revisi RanahKognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. E-Jurnal Ikip Madiun, No.2 Vol 2 98-117, http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/PE/article/view/50

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805

Octavianty, R. e. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi KineMaster guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 26 Watang Palakka. Journal Lepa-Lepa, Vol. 1 No. 1, 280-286.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Al Hadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sadikin, & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.

https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P., 2016, Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2): 48-58 (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/9009)

Yudianto, A.(2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. seminar nasional Program Studi PendidikanTekenologi Informasi. Sukabumi : Universitas Muhammadiyah.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Widiatmika, D. G., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11786




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1422

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA