PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KETERAMPILAN KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG T.A 2023/2024

Siti Zahara, Nasrida Br Karo, Yeni Sefti Br Marpaung

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga terhadap keterampilan kognitif siswa kelas V SD Negeri 067243 Medan Selayang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain one group pre-test and post-test. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067243 Medan Selayang yang berjumlah 20 siswa. Alat yang digunakan untuk mengukur keterampilan kognitif siswa berupa tes berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 10 soal dan sudah divalidasikan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga secara signifikan meningkatkan keterampilan kognitif siswa, sejalan dengan hasil tes pre-test dan post-test.


Kata Kunci


Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Keterampilan Kognitif

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33.

Kristiani, Dian. 2015. Ensiklopedia Negeriku (Permainan Tradisional). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Mulyani, Novi. 2013. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: DIVA Press.

Sanjaya, Wina. 2015. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet fonao,

Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2, No.2, Juli 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1428

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA