PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENERAPKAN PROFIL PEMBELAJAR PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 173518 SILITONGA

Ulfa Sari Rezeki, Sabda Seriana, Nurhaliza Putri

Sari


Character education, especially in understanding and applying Pancasila values, is an important aspect in forming
the character of elementary school students in Indonesia. However, conventional learning approaches are often
ineffective in attracting students' interest and understanding of these values. Therefore, developing the Monopoly
game as a differentiated learning medium to implement the Pancasila Student Profile is important to increase the
effectiveness of learning Pancasila values in elementary schools. The aim of this research is to develop a monopoly
game that can be used in differentiation learning to strengthen the Pancasila Student Profile of elementary school
students. Specifically, the objectives of this research are (1) identifying students' learning needs in understanding 

and applying Pancasila values in differentiated classes (2) designing a monopoly game that suits the learning
needs and profile of Pancasila students (3) testing the effectiveness of the monopoly game in improving
understanding and application of Pancasila values to elementary school students. This research method uses the
ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) approach in developing the monopoly game
as a learning medium. Research steps include analysis of student needs and characteristics, monopoly game design,
development of game prototypes, implementation in learning, evaluation of effectiveness. The research method
involves collecting qualitative and quantitative data with tests, questionnaires, observations, and interviews with
students and teachers.


Kata Kunci


Monopoly; Differentiated Learning; Civic education; Activity; Learning outcomes.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ananda Ad, Sitepu Ms. 2024. Pengaruh Media Mote (Monopoli Tematik) Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sekolah Dasar Kelas …. Sindoro Cendikia Pendidik. 20(21)

Desyawati K, Kristiantari MGR, 2021, Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. J Peneliti 65(22)

Cornelia Ts, Rezeki Us, 2020, Peran Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas Iv Sd Negeri 067952 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.

Harahap SZ, Rezeki US, 2020. Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dan gaya belajar terhadap hasil belajar ipa dan keterampilan bertanya siswa SD negeri 060798 Medan, J Curere.

Kartika NKD, Putra M, 2020. Media Permainan Monopoli Pada Muatan PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. J Peneli Internet.

Kurniawati E. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagog J Pendidik

Kurniawan DA. 2020. Penggunaan media belajar monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 28(23)

Mahesti G, Koeswanti HD. 2021, Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli asean untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 Sekolah, Mimb PGSD Undiksha

Ningrum Vs. Pengembangan, 2019. Monopoli Ppkn Berbasis Student Team Achievement Division Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif [Internet]. Joyful Learning Journal. journal.unnes.ac.id

Nurdiani A, Gawise G, 2023. Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Media Monopoli pada Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Buton. Penuh Asa.

Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Curere, 4(1), 33-42.

Rahmadani, R. R., & Surbakti, K. (2024, March). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas III Di UPT. SD Negeri 064025 Tahun Ajaran 2023/2024. In Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum) (Vol. 3, No. 1, pp. 21-1).

Rimawati I, Ritiauw SP, Pengaruh Penggunaan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Siswa Kelas V Sd Negeri, Arlangga

Rokmana ED. 2018. Keefektifan Model PAIKEM Berbantu Media Monopoli terhadap Hasil Belajar PKn di SDN Palebon 01 Semarang , Jurnal Sekolah.

Sukmawati S, Jamaludin J, Rian R, Husni H, 2022. Penggunaan Monopoli Pancasila Dalam Pembelajaran PPKn Sebagai Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Menyenangkan Bagi Siswa.

Sukmawati S, Jamaluddin J, Yasinta Y, 2022. Penerapan Media Monopoli Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN.

Sihotang N. 2022. Penerapan Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. SENKIM Semin Nas Karya

Saputro OA, Rahayu TS. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir J Ilmu Pendidik 20(102)

Taylor BK. Content, Process, and Product: Modeling Differentiated Instruction. Kappa Delta Pi Rec [Internet]. 2015 Jan 2;51(1):13–7.

Tirtoni F, Fihayati Z, 2018. Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dengan Media Monopoli Pada Materi Sistem Pemerintahan Pusat Pembelajaran PKn Kelas IV SDN …. J Inven Univeritas PGRI Adi Buana 12(65)

Umayah R. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Paikem Dalam Peningkatan aktivitas dan prestasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran PPKN di … [Internet]. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. ejournal.unesa.ac.id; 10(34)

Utami T. 2021. Pengembangan Media Monopoli Berbasis Multikultural Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep PKN dan Sikap Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV A SD Negeri, Basic Education. 37(23):23-31




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA