PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TAHAP PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 173418 POLLUNG

Hotma Tiolina Siregar, Febryani Putri Tarigan, Yulia Yulia Sihotang

Sari


Kemampuan literasi yang baik dapat membantu siswa dalam memahami informasi baik lisan maupun tulisan. Pelaksanaan pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu kegiatan literasi dan bentuk kesadaran pemerintah terhadap pentingnya membangun budaya literasi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah di SD NEGERI 173418 POLLUNG, Dolok Sanggul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang Kepala Sekolah dan 2 orang Guru wali kelas. Instrument penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa sekolah berkomitmen melaksanakan GLS sebagai salah satu kegiatan pembelajaran di sekolah, dengan menyesuaikan kemampuan sekolah SD NEGERI 173418 POLLUNG. Seiring berjalanya kegiatan GLS tahap pembiasaan, sekolah juga berusaha mengembangkan lingkungan dari segi fisik. Pengadaan buku bacaan di perpustakaan, pemberian reward kepada siswa, memonitoring dan evaluasi, serta mengajarkan siswa dalam memilih buku bacaan, merupakan strategi yang dilaksanakan untuk menuju tujuan GLS tahap pembiasaan


Kata Kunci


Pelaksanaan, Gerakan Literasi Sekolah

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Henry Guntur Tarigan, Pendidikan Keterampilan Berbahsa, Jakarta: Universitas Terbuka, 2001, Hlm. 1

Mukti Hamjah Harahap Dkk, Jurnal Pengembangan Program Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Medan, Jurnal Pembangunan Perkotaan, Vol. 5, No. 2, Desember 2017, Hlm. 116.

Mukti Hamjah Harahap Dkk, Loc. Cit

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Panduan Gerakan Literasi Nasional, Jakarta: Kemendikbud.

Agus Widayoko Dkk, Jurnal Anilisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation, Jurnal Tatsqif Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 16, No. 1, Juni 2018, Hlm. 79.

Agus Widayoko Dkk, Op. Cit, Hlm. 81.

Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa, (Jakarta: Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016), Hlm. 6

Liana Hasni1, A. Hari Witono1, Baiq Niswatul Khair (2022) Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Journal of Classroom Action Research. DOI: 10.29303/jcar.v4i3.1893

Rinja Efendi, Hasrijal, Elvina, Kiki Fatmawati (2021) Gerakan Literasi Sekolah: Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa. , e-ISSN : 2598-2206. e (https://creativescommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/)

Indriyani Paluvi1, Indah Try Mulia, Mia Audina, Novi Sari, Febrina Dafit (2023) Pentingnya Pelaksanaan Gerakan Literasi Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Dasar 08 Kampung Rempak. Vol. 2, No. 1, Mei (2023),IPage 262-265. E-ISSN (2829-6222); P-ISSN (2829-8004)

Muhammad Hayun, T. H. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 83.

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004), Hlm. 63

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002), Hlm. 132




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1436

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA