PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI KARTUN PADA MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS III SDS HKBP 2 SIDORAME

Paska Sriulina Tarigan, Dhea Gabriella Ritonga, Petronella Sionang Siska Manalu

Sari


Pembelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang paling penting dalam kurikulum sekolah dasar. Dalam era digital saat ini, teknologi multimedia seperti media video animasi kartun menawarkan potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA. Media tersebut memiliki keunggulan visual yang menarik perhatiaan serta mampu menyampaikan informasi secara interaktif dan menyenangkan bagi siswa,masih banyak pengajar yang belum mengembangkan media pembelajarannya yang efektif bagi siswa.Oleh sebab itu,dalam penelitiaan ini akan mengembangkan metode pembelajaran yang menggunakan “Mendia Video Animasi Kartun”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and develompent /R&D). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan,maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi kartun yang dikembangkan peneliti untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup dengan menggunakan model ADDIE (Analysis,Desain,Development,Implementation,and).


Kata Kunci


ADDIE, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD, Media Video Animasi Kartun

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Bayu Wijayama. (2019). Pengembangan Peragkat Pembelajaran IPA Bervisi Sets Dengan Pendekatan Savi. Semarang: Qahar Publisher.

Hidayat, Harri, Hartono, and S. (2017). Pengembangan Learning Management System (LMS) Untuk Bahasa Pemrograman PHP Technology. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information, 5(1).

Isti’adah, F. N. (2020). Teori-Teori Belajar dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Kusumawati, N. (2019). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Magetan: CV AE Media Grafika.

Mustika, D. (2020). Model-Model Pembelajaran IPA SD dan Aplikasinya. Solok: Mitra Cendekia Media

Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Curere, 4(1), 33-42.

Sintawati, S., & Jailani, M. S. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(1),116-127.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1470

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA