PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH SDN 066656 MEDAN

Mariani Mariani, Sutar Oktaviani Tampubolon, Deta Sonia Damanik

Sari


Perkembangan teknologi pada akhirnya juga merambah kepada dunia pendidikan. Banyak sekolah yang sekarang memakai teknologi ini untuk memperlancar pembelajaran di sekolah. Teknologi dalam pembelajaran bisa menjadi sarana pembelajaran, metode/media dan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan random quota. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi product moment. Hasil analisis data disimpulkan bahwa ada Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar di Sekolah SDN 066656 Medan. Hal ini  terlihat dari nilai post test dan juga uji hipotesis  yang telah dilakukan bahwa diperoleh nilai hasil t hitung ≥ ttabel, 5.510 ≥ 1.994 yang artinya bahwa  Ho tolak  dan  Ha diterima. Hasil belajar kelas eksperimen yaitu kelas IVA yang menggunakan media pembelajaran video lebih baik dari pada kelas kontrol yang tidak menerapkan media pembelajaran video. Hasil ini diperoleh melalui uji t atau uji hipotesis yang dilakukan   pada nilai post test kedua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan bantuan SPSS 24.0 yang menghasilkan nilai thitung ≥ ttabel, pada taraf signifikansi 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar di Sekolah SDN 066656 Medan.


Kata Kunci


Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aksara, Daryanto. 2018. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

B, Uno Hamzah. 2020. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi

Cipta,Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup.

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Curere, 4(1), 33-42.

Sardiman. 2020. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2020. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Waluyo, A. 2020. Amazing Virtual Ice Breaker Panduan Praktis Virtual Ice Breaking. Jakarta: Imprint Grup Penerbitan.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1472

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA