PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH SDN 066656 MEDAN
Sari
Perkembangan teknologi pada akhirnya juga merambah kepada dunia pendidikan. Banyak sekolah yang sekarang memakai teknologi ini untuk memperlancar pembelajaran di sekolah. Teknologi dalam pembelajaran bisa menjadi sarana pembelajaran, metode/media dan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan random quota. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi product moment. Hasil analisis data disimpulkan bahwa ada Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar di Sekolah SDN 066656 Medan. Hal ini terlihat dari nilai post test dan juga uji hipotesis yang telah dilakukan bahwa diperoleh nilai hasil t hitung ≥ ttabel, 5.510 ≥ 1.994 yang artinya bahwa Ho tolak dan Ha diterima. Hasil belajar kelas eksperimen yaitu kelas IVA yang menggunakan media pembelajaran video lebih baik dari pada kelas kontrol yang tidak menerapkan media pembelajaran video. Hasil ini diperoleh melalui uji t atau uji hipotesis yang dilakukan pada nilai post test kedua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan bantuan SPSS 24.0 yang menghasilkan nilai thitung ≥ ttabel, pada taraf signifikansi 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar di Sekolah SDN 066656 Medan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Aksara, Daryanto. 2018. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
B, Uno Hamzah. 2020. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi
Cipta,Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup.
Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Curere, 4(1), 33-42.
Sardiman. 2020. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2020. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Waluyo, A. 2020. Amazing Virtual Ice Breaker Panduan Praktis Virtual Ice Breaking. Jakarta: Imprint Grup Penerbitan.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1472
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##