PENGARUH NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VIII DI SMP SWASTA FREE METHODIST 1 MEDAN T.A 2023/2024

Jonson Jusufri Pasaribu, Ruth Mayassari Simanjuntak, Lolyta Damora Simbolon

Sari


This study aims to determine whether there is an effect of the Numbered Head Together (NHT) model with the Demonstration Method in improving students' mathematical concept understanding ability in class VII of SMP Swasta Methodist Merdeka 1 Medan. The type of research used in this research is Quasi experiment with test instruments. The population in this study were all VII grade students of SMP Swasta Methodist Merdeka 1 Medan consisting of 4 classes. By using cluster random sampling technique, the samples in this study were class VII-2 as the experimental class and class VII-3 as the control class. Based on calculations in the experimental class, the ability to understand mathematical concepts has an average value of = 76.03. In the control class, the ability to understand mathematical concepts of students has an average value of  = 58.63. By looking at the average results of the abilities obtained between the two classes, it can be concluded that the Numbered Head Together (NHT) model with the Demonstration method has a higher effect than the conventional learning model on the ability to understand students' mathematical concepts on the material of Square Flat Buildings in class VII SMP Swasta Methodist 1 Medan.


Kata Kunci


Numbered Head Together (NHT); Demonstration Method; Concept Understanding; Effect.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alvariani, N. P., & Sukmawarti, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Tradisional Jawa untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 6(2), 43–51. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v6i2.1133

Anggraeini, R. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Group Investigation Terhadap Peserta Didik. 1–154.

Arikunto. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Barutu, A., Rahimah, D., & Herawty, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 143–147.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97.

Dewanti, R., & Fajriwati, A. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 88–98.

Diana, P., Marethi, I., & Subhan Pamungkas, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Lemma, 4(1), 24–32. https://doi.org/10.22202/jl.2021.v7i2.4911

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–230. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Fajrina, U. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa sMP/MTs. 8.5.2017, 2003–2005.

Faramita, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Widya Graha Pekanbaru (Doctoral dissertation; Universitas Islam Riau).

Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi Penelitian. Belitang: CV. Hira Tech.

Hafifah, H., Sidik, S., & Saude, S. (2023). Implementation of Demonstration Methods in Increasing Student Activity in Fiqih Lessons Class VIII at MTs Negeri 2 Poso. 190–194.

Haniyah, L., Bektiarso, S., & Wahyuni, S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Fisika SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 53–59.

Ikhawan, A., Febriansyah, F. I., Syam, A. R., & Heriadi. (2022). Metode Demonstrasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Tilawatil Qur ’ an. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(2), 100–110.

Ikhwandari, L. A., Hardjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Dengan Model Numbered Heads Together (Nht). Jurnal Basicedu, 3(4), 2101–2112. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.283

Jehadus, E., & Jundu, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 1(2), 57–63. https://doi.org/10.36379/jipm.v1i2.47

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Khairunnisa, F. (2020). Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep matematika siswa di Kelas VIII Mts Al-Jamayatul Washliyah Tembung TA (Doctoral Dissertation Universitas Negeri Medan) 2019/2020.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 522.

Laurika, E. R. S., Laurens, T., & Moma, L. (2021). Panjang Melalui Model Pembelajaran Number Head Together ( Nht ) Improving the Learning Outcomes of Seventh Grade Students of Tiakur State Junior High School on Rectangular Flat Shape Material Through the Number Head Together ( Nht ) Learning Model. 21–25.

Lestari, E., & Yudhanegara, R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

M, C. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(2), 110–122. https://doi.org/10.51878/educational.v2i2.1183

Nadeak, I. c. . (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snow Ball Throwing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Sumbul.

Oktavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Duta Pustaka Ilmu.

Rahmawati, D. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Shalat Di Kelas Iv Sdn 01 Kalipancur Kecamatan Bojong Kebupaten Pekalongan. Jurnal Ekonomi Islam, Marketing Mix, 12–17.

Rahmawati, E., & Gusmania, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 53 Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 151–160. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.942

Safitri, Y., & Nasution, M. L. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. 9, 62–67.

Saragih, E. D. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANEI TAHUN AJARAN 2023/2024.

Sariningtyas, N. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Purwantoro 8 Malang. Jurnal Edukasi Gemilang, 4(1), 40–47. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=48443

Sianturi, C. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara T.A 2023.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metoda Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ubaedillah, U., Pratiwi, D. I., Mukson, M., Masrikhiyah, R., & Nurpratiwiningsih, L. (2020). Pelatihan Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMK Menggunakan Metode Demonstrasi. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(01). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i01.317

Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10993

Zuliatin SDN Alang-alang Caruban, L., & Jombang, J. (2021). Luluk Zuliatin Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel Matematika Pada Siswa Kelas 2 SDN Alang-Alang Caruban 1 Tahun Pembelajaran. ETJ (Educational Technology Journal) |, 1(April), 31–40. https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1506

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA