ANALISIS DISKRIMINAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Sari
The Cumulative Grade Point Average (GPA) is used in higher education to measure how well students perform in their studies. Mathematics Education students have varying GPAs each semester due to various factors. The aim of this study is to determine the type of discriminant function, or discriminant model, and identify the components that significantly influence the GPA of Mathematics Education students at HKBP Nommensen University. Another goal is to assess the accuracy of the discriminant function classification. This study involved 50 active students from the Mathematics class of 2020, 2021, and 2022. The sample was taken using a simple random sampling technique, and the research type used was quantitative, as the results are in numerical form and will be analyzed quantitatively using discriminant analysis. The research method employed is also quantitative. Based on the results, a discriminant model was obtained that describes the factors influencing the GPA of Mathematics Education students, with the equation: Y= 0.119 + 6.138X₄ + 8.120X₆ -13.910X₉. The variables that significantly affect GPA are learning motivation, mental health, and campus environment. This discriminant model can classify students with 100% accuracy, allowing it to be used to determine whether a student has a GPA below 3.75 or above/equal to 3.75.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Agustin, A. M. (2019). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Ilmu pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Aminuddin, M. (2018). Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Samarinda. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, 1(1), 51–71.
Andriani. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Matematika Fakultas Sains Dan Teknologi UINAM Menggunakan Analisis Diskriminan. (Skripsi). Jurusan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makasar
Ardiansyah, A., & Maruwae, A. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar. Jambura Economic Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.4365
Badi’ah, A. (2019). Hubungan Kebiasaan Sarapan dan Durasi Tidur Dengan Kegemukan Pada Remaja di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang. (Skripsi). Program Studi Gizi, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Cholifah, S. A., Nugroho, S., & Novianti, P. (2016). Analisis Diskriminan Untuk Klasifikasi Kabupaten/Kota Tertinggal Di Provinsi Bengkulu. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 1–11.
Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish. 2017
Dwi Herwinda, Septia (2022). Analisis Diskriminan pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Smartphone pada Mahasiswa. S1 thesis, MATEMATIKA.
Fadilla. (2017). Pengaruh Penghasilan Orang tua dan Uang Saku Terhadap Prestasi Mahasiswa (STEBIS IGM). Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(1), 28–51.
Fatimah. (2016). PENGARUH KESEHATAN MENTAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PIRI JATI AGUNG. 0, 1–23.
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110.
Fenny, F., & Supriatmo, S. (2016). Hubungan Kualitas dan Kuantitas Tidur dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 5(3), 140–147.
Fitriani, I., & Aden. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan. 1(1), 212–222.
Hidayat, S. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan, Durasi Belajar, dan Nilai Penjasorkes Dengan Prestasi Akademik Siswa Kelas X Tahun Ajaran 2015/2016 di SMAN 1 Piyungan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. (Skripsi). Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kemenkes. (2018). Kebutuhan Tidur Sesuai Usia. Tersedia di. Diambil dari www.promkes.depkes.go.id
Khasinah Zindiari, R. (2020). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 35 KOTA BENGKULU. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.
Legowo, M. B. (2016). Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Analisis Diskriminan. Jurnal Teknologi, 9(2), 108–115.
Marceylla, D. V., & Subroto, W. T. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap IPK Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unesa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 09, 36–42. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n1.p36-42
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permendikbud49-2014SNPTLengkap.pdf
Pratiwi, S. S. (2016). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Priwantoro Soffi Widyanesti. Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi. Yogyakarta: UAD Press. 2021
Putri, C. E. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Metro Tahun Akademik 2016/2017. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Metro
Rahmawati, E., & Ardiwinata, J. (2018). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Tanjung Priok. Jurnal Psikologi UIN Walisongo, 25(1), 1-10.
Rahmi, F. (2019). PENGARUH MINAT PEMILIHAN PRODI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI BK DI FTK UIN AR-RANIRY SKRIPSI. Estuarine, Coastal and Shelf Science, 2020(1), 473–484.
Rismayanti, T., & Oktapiani, S. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. NJE: Nusantara Journal of Economics, 2(2), 31–37.
Sadewa, P. (2018). Pengaruh Lingkungan Kampus Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Humaniora, 1(1), 211–234. https://doi.org/10.33753/madani.v1i1.11
Safar, N. F., Rasyid, M. R., & Yuliany, N. (2019). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika Uin Alauddin Makassar. Al asma : Journal of Islamic Education, 1(2), 53–62.
Santoso, S. (2017). Statistik Multivariat Dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Santoso, S. (2019). Mahir Statistik Parametrik (Konsep Dasar dan Aplikasi Dengan SPSS). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Saputra, W. (2021). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Lampung. Jurnal Psikologi UIN Raden Fatah Palembang, 4(1), 1-10.
Sari, N. P. (2019). Pengaruh Uang Saku Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu. (Skripsi). Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Senia, M. E. S. (2022). ANALISIS DISKRIMINAN TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Universitas Nusa Cendana.
Setiawan, D., Saputra, H. D., & Nasir, M. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 67–74. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.425
Setyorini, D. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Studi Kasus Pada Program Studi Teknik Sipil Institut Sains dan Teknologi AL Kamal Jakarta. Jurnal AKRAB JUARA, 3(1), 139–148.
Sidabutar, M., dkk. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal EPITESMA, 1(2), 117–125.
Sihite, D. R. D. B., & Pratiwi, N. (2018). Analisis Jalur Terhadap Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa. Statistika Industri dan Komputasi, 3(1), 31–39.
Sl.Ramdan. (2020). Pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar mata kuliah kewirausahaan. Reseacrh and Development Journal of Education, October, 147–150.
Situmorang, B. J., Kirana, K. C., & Kurniawan, I. S. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan kampus, dan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 105–115. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.38514
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Titis, B., & Sari, W. (2019). Pengaruh Durasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Ledok 006 Salatiga. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 139–144.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Widhawati, R., Maryadi, S. A., & Yulistani, A. (2020). Hubungan Kuantitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Remaja di Pondok Pesantren Madinatunnajah Tangerang Selatan. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 3(2), 105–111.
Yanti, R., Windarto, A. P., & Suhada. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi IPK Mahasiswa Terhadap Penentuan Kualitas Proses Pembelajaran Dengan Metode Electre II. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1), 36–41.
Zendrato, W., & Laia, Y. (2018). Pengaruh Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nias Selatan Tahun Akademik 2017/2018. Junal Education and Development Institut pendidikan Tapanuli Selatan, 3(1), 44–47.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1517
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##