EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL, TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN T.A. 2023/2024
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., Sugandi, A. I., & Siliwangi, I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. 2(1), 144–153.
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Aprianti, A., & Riwayati, S. (2021). Soal Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Konteks Bengkulu Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 77. https://doi.org/10.29300/equation.v4i2.5316
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S (2017). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ario, M., & Isharyadi, R. (2020). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Ujungbatu. Jurnal Pendidik Indonesia, 1(2), 70-75.
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534
Bernard, M., Sumarna, A., Rolina, R., & Akbar, P. (2019). Development of high school student work sheets using VBA for microsoft word trigonometry materials. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012031
Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025
Elita, G., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447- 458.
Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298
Fitriani. (2018). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Pedagogy, 3(1), 138–155. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/957
Futriani Hidayah, A. A., Adawiyah, R. Al, & Rizqi Mahanani, P. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56. https://doi.org/10.33319/sos.v21i2.61
Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi penelitian
Kadarisma, G., Rosyana, T., & Nurjaman, A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Absis, 2(1), 121–128.
Kartika, T. P. D. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Model Problem Based Learning. Journal of Accounting and Business Education, 1(1). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6012
Johnson, Elaine B. (2008). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC)
Johnson, Elaine B. (2014). “Contextual Teaching Dan Learning”. Bandung: Kaifa
Lesi, A. N., & Nuraeni, R. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa antara Model TPS dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 249–262. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1260
Lestari, E., & Yudhanegara, R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (ke-2). PT Refika Aditama.
Mardiati & Rani, F. N. (2018). Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan penalaran matematika. Mathematics Paedagogic, 2(2), 115–123. Diambil dari Http://Jurnal.Una.Ac.Id/Index.Php/Jmp/Article/Download/209/180.
Marjani, L. (2019). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Darul Qur’an Bengkel
Nova, S. P., & Firdaus, M. (2018). Efektivitas Komunikasi Aplikasi Telegram Sebagai Media Informasi Pegawai Pt.Pos Indonesia (Persero) Kota Pekanbaru. Jom Fisip, 5(1), 1–11.
OECD:PISA 2018 Results.(2019). retrievedfromwww.oecd.org.
Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Duta Pustaka Ilmu
Purba, G. I. D., & Surya, E. (2020, February). The improving of mathematical understanding ability and positive attitudes of unimed fmipa students by using the contextual teaching learning (CTL) approach. InJournal of Physics: Conference Series(Vol. 1462, No. 1, p. 012019). IOP Publishing
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Raharjo, S. (2018). Pengaruh Model Contextual Teaching ang Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siwa SMA. Jurnal ilmiah indonesia, Vol (3), 389-548
Rani, R., Manurung, H., and Siregar, T. M. (2023) ‘Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasa Program Linier’, 2008.
Ratnasari, S. A. (2019). Situation Based Learning (SBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 1-15.
Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 189–199. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4785
Ritongaa, M. Z. Fadli, & Surya, Edy. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajan Kontekstual. Medan: State University of Medan. https://www.researchgate.net/publication/321831827
Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293
Sanjaya,W., (2006), Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Frenada Media Grup
Selvia, S., Rochmatin, T., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 261. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p261-270
Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017, September). Contextual teaching and learning approach of mathematics in primary schools. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012171). IOP Publishing
Setiawati, T., Muhtadi, D., & Rosaliana, D. .(2019). November: Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Soal Aplikasi.
Shadiq, Fadjar. (2009). Diklat instruktur pengembang matematika SMA jenjang lanjut. Kemahiran matematika. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Siswono, Tatag Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Situmorang, J. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Bangun Ruang Balok Di SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang TA 2020/2021. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4858
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukinah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Materi Peluang. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 190. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p190-204
Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah: berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5, Nomor 1
Sumiyati dan Asra. (2011). “Metode Pembelajaran”. Bandung: CV WACANA PRIMA
Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management 3(3),84-94.
Suprihatin, RT, Maya, R, & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis SiswaSMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Volume 2. No. 1
Tambunan, H. (2014). Strategi Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Saintech, 6(4), 35–40.
Tambunan, H. (2020). Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Strategi Heuristik. Sepren, 1(02), 28–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.209
Triyani, V., Widyatiningtyas, R., & Irmawan. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan MasalahMatematis Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning(Ctl). Intermathzo, 4(2), 116–122. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/303
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Widjaya, W. (2010). Design Realistic Mathematics Education Lesson. Disajikan dalam Seminar Nasional Unsri, 1 Mei 2010, FKIP Unsri Palembang.
Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v8i2.1518
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##