PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI PANCASILA KELAS V SD NEGERI 067243
Sari
Pendidikan merupakan sarana terpenting untuk mewujudkan kemajuan bangsa dan negara, hal ini karena pendidikan merupakan proses budaya yang bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 dinyatakan bahwa Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Artinya, pendidikan di sekolah merupakan proses yang terencana dan mempunyai tujuan, sehingga segala sesuatu yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Melalui proses pendidikan terencana diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar yang kondusif serta proses belajar yang menyenangkan, dengan tujuan peserta didik dapat mengembangkan potensi diri. Melihat tujuan dari pendidikan nasional tersebut, maka efektivitas pembelajaran harus ditingkatkan, karena proses pembelajaran memegang peran penting dalam menghasilkan atau menciptakan lulusan yang berkualitas.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Cornelia TS, Rezeki 2020), Peran Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas Iv Sd Negeri 067952 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. J … [Internet].; http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/ar ticle/view/413
Tomlinson CA. (2014), Responding to the Needs of All Learners. 2014;25. Available from: http://www.ascd.org/Publications/Books/Overview/Leading-andManaging-a-Differentiated- Classroom.aspx Taylor BK. Content, Process, and Product: Modeling Differentiated Instruction. Kappa Delta Pi Rec [Internet]. Ja2;51(1):13–7. Available from:https://doi.org/10.1080/00228958.2015.988559
Harahap SZ, Rezeki US. Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis ict dan gaya belajar terhadap hasil belajar ipa dan keterampilan bertanya siswa SD negeri 060798 Medan …. J Curere [Internet]. 2019; http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/Ojssystem/index.php/CURERE/a rticle/view/245
Kartika NKD, Putra M. Media Permainan Monopoli Pada Muatan PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. J Penelit dan … [Internet]. 2021; Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32426
Sukmawati S, Jamaludin J, Rian R, Husni H, ... Penggunaan Monopoli Pancasila Dalam Pembelajaran PPKn Sebagai Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Menyenangkan Bagi Siswa. [Internet]. 2022; Available from: http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2782
Ningrum VS. Pengembangan Monopoli Ppkn Berbasis Student Team Achievement Division Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif [Internet]. Joyful Learning Journal. journal.unnes.ac.id; 2019. from:https://journal.unnes.ac.id/sju/jlj/article/view/31406
Utami T. Pengembangan Media Monopoli Berbasis Multikultural Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep PKN dan Sikap Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV A SD Negeri …. Basic Educ[Internet]. 2021; https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/17748
Desyawati K, Kristiantari MGR, ... Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based LearningPada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. J Penelit Dan … [Internet]. 2021; Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32466
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1548
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##