PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING BERORIENTASI PADA SIKAP KREATIF SISWA MIS AL-KHAIRAT DELITUA
Sari
Pembelajaran matematika saat ini masih cenderung menggunakan metode konvensional yang membuat siswa kurang aktif dan kurang mengembangkan kreativitas mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning terhadap sikap kreatif siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan melakukan pre-test dan post-test untuk mengukur sikap kreatif siswa selama menerapkan pembelajaran berbasis masalah. Metode pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dapat menumbuhkan sikap kreatif siswa. Selain itu, pembelajaran dengan Problem-Based Learning juga membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran matematika serta membantu mereka mengembangkan keterampilan bermatematika siswa
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A'yun, Q., 2019. Analisis Kelayakan Investasi Tambang Batu Andesit Menggunakan Metoda Discounted Cash flow Pt. Ansar Terang Crushindo (Atc) Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Skripsi. Padang: Program Studi Teknik Pertambangan Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND).
Bahri, S., & Adiansha, A. A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 7E dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 44-51.
Fisnani, Y., & UZ, L. Z. (2020). Penerapan Metode Project Based Learning Pada Muatan Lokal Batik Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa. Edukasi, 14(2), 151-158.
Panjaitan, C. D., & Sinambela, P. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP Swasta RA Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 5(2), 5016-5025.
Pratama, Muhammad Rizky, 2023, “Pengaruh Model Project Based Learning Melalui Pembuatan Herbarium Terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon” Skripsi, IAIN Kudus
Sari, N., Saragih, S. ., & Napitupulu, E. E. . (2023). Developing a Hypothetical Learning Trajectory with Problem-Based Learning and a Learning Medium for Middle School. Educational Administration: Theory and Practice, 30(1). https://doi.org/10.52152/kuey.v30i1.714
Sari,N., Saragih,S., Napitupulu,E., Rakiyah,S., Sari,DN., Sirait,S and Anim, (2024), “Hypothetical Learning Trajectory Through the Problem-Based Learning in Junior High School Students” in International Conference On Mathematics And Science Education, KnE Social Sciences, pages 1122–1133. DOI 10.18502/kss.v9i13.16037
Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Utami, W., & Ilyas, M. (2019). Penerapan pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 86-96.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1554
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##