IMPLEMENTASI PERMAINAN LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Syarif Hussein Sirait, Renato Gema Nugraha, Yola Arbiana Br Surbakti, Eninta Br Bangun

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi permainan Ludo terhadap hasil belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar di SD 104215 Sudirejo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental model One-Shot Case Study. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi perkembangan makhluk hidup. Analisis data dilakukan dengan uji t dua sampel berpasangan untuk menguji perbedaan signifikan antara pretest dan posttest serta uji n-gain untuk menilai efektivitas penerapan permainan Ludo. Hasil analisis uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest, dengan nilai t-statistik 26,86 dan p-value sangat kecil (0,000), yang menandakan pengaruh positif implementasi permainan Ludo terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, hasil N-gain menunjukkan rata-rata peningkatan skor sebesar 0,62 dengan kategori sedang dan efektivitas penerapan media Ludo sebesar 62,05%, yang menunjukkan bahwa permainan Ludo cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA.

Kata Kunci


Permainan Ludo, Hasil Belajar, IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggreini, R. K., Dewi, N. R., Sciences, N., & Semarang, U. N. (2020). Development of Ludo-Science Media with a Somatic Auditory Visual Intellectual ( SAVI ) Approach to Train the Activeness and Conceptual Understanding. 6(2), 241–267. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.8677

Harahap, W. P. A., & Yusnaldi, E. (2024). Pengaruh media pembelajaran papan ludo dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 511. https://doi.org/10.29210/1202424308

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 2563–2570.

Pratiwi, A., Hikmah, F., & Adiansha, A. A. (2021). Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 1, 36–43.

Rahma, G. A., Asmara, A., Studi, P., Matematika, P., & Keguruan, F. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas V SD Negeri 55 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Ludo Math. 4(4), 514–518.

Sari, I. F. (2023). The Effectiveness of using Android Based Chemical Ludo Game Media Reduction and Oxidation Reaction Material on Students Learning Outcomes. 11(2).

Siregar, R. R., Simatupang, W. W., & Ani, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SDS Al-Ulum. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 55–60. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3781

Syifa, I., Handak, K., Dewi, D. A., & Sutisna, M. R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA LUDO DIGITAL MATERI TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V SD belajar yang dapat menaikkan minat dan motivasi ketika belajar sehingga akan timbul. 5(1), 270–288.

Zahara Harahap, S. H., & Naibaho, M. (2023). Pengaruh Media Permainan Ludo Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Lintong Nihuta Kecamatan Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir. Curere, 7(2), 348–355.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1556

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA