IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PANCASILA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 064992 MEDAN AMPLAS

Nurhanifa Tamba, Januaris Pane, Eka Maria

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Canva sebagai media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan perhatian, keaktifan, dan hasil belajar siswa pada materi perkalian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran berbasis Canva dapat menarik minat siswa, meningkatkan semangat belajar, serta mengurangi kebosanan selama proses pembelajaran di kelas. Penggunaan media ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada aspek kognitif. Data menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pretest sebesar 36,80 menjadi 63,20 pada posttest, dengan selisih peningkatan sebesar 26,40. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai t hitung (42,218) lebih besar daripada t tabel (2,48), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Kata Kunci


Implementasi, Video Pembelajaran, Hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief S. Sadiman, Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, Media Pembelajaran Pengertian,

Pengembangan, Dan Pemanfaatannya (Jakarta: Raja Grafindo, 2007)

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran,Jakarta: Ciputat Pres

Gunawan, I., & Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom –Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan

untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. E-Jurnal Ikip Madiun, No.2 Vol 2 98-

, http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/PE/article/view/50

Ira, Dkk, (2023) Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat

Belajar Siswa. 9 (3), https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/5579.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik

(LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia.

Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805

Nanang, Dkk. (2023) Implementasi media pembelajaran audiovisual berbasis Canva dalam

meningkatkan minat belajar pendidikan agama islam di SD Negeri 01 Karanganyar tahun

ajaran 2022/2023 1(1). https://journal.stitmadani.ac.id/index.php/JPI/article/view/332

Octavianty, R. e. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan

Aplikasi KineMaster guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 26 Watang Palakka.

Journal Lepa-Lepa, Vol. 1 No. 1, 280-286.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Al Hadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sadikin, & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.

https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P., 2016, Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi

tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal

Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2): 48-58,

(http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/9009)

Yudianto, A.(2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.seminar nasional Program Studi

PendidikanTekenologi Informasi. Sukabumi : Universitas Muhammadiyah.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19:

Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan

Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Widiatmika, D. G., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning

Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2),

–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11786




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1561

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA