PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA MELALUI POWERPOINT INTERAKTIF DI KELAS IV DI SD NEGERI 027089 KOTA BINJAI

Nurlia Ginting, Nadia Elviana

Sari


Penelitian ini berupaya menerapkan pendekatan PBL dalam peningkatan literasi pada siswa kelas empat di SD Negeri 027089 Kota Binjai melalui pemanfaatan PowerPoint Interaktif. Metodologi PBL dipilih karena kemampuannya dalam peningkatan kemampuan dalam berpikir kritis untuk pemecahan masalah pada siswa, sedangkan PowerPoint Interaktif digunakan untuk menyajikan pembelajaran menjadi lebih menarik dan lebih mudah untuk dapat dipahami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dengan menggunakan PTK terdiri atas dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian melibatkan 24 orang siswa kelas empat. Penilaian, dan wawancara untuk menilai peningkatan literasi, data dikumpulkan melalui. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian literasi siswa temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan paradigma pembelajaran berbasis masalah, ditambah dengan PowerPoint interaktif pada materi "Indonesiaku Kaya Budaya." Menunjukkan peningkatan keterlibatan, rasa ingin tahu, dan pemahaman terhadap gagasan, observasi dan wawancara menunjukkan. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari 55,08% meningkat dari 55,81% menjadi 80,23%. Penerapan PBL dengan PowerPoint interaktif siswa, sebagaimana dibuktikan oleh peningkatan skor rata-rata pretest dari 54 menjadi 83 pada posttest.


Kata Kunci


Problem Based Learning, literasi siswa, PowerPoint Interaktif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afnan, A., M. Ikhsan, & M. Duskri. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Treffinger. Numeracy, 7(1). Https://Doi.Org/10.46244/Numeracy.V7i1.1037

Andarista, S., & Rosdiana, L. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Peserta Didik Kelas VIII Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Zat Aditif. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 11(1).

Djuandi, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Siswa Pada Lingkungan (Studi Eksperimen Quasi Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 1 Purwadadi). Jurnal Geografi Gea, 16(1). Https://Doi.Org/10.17509/Gea.V16i1.3465

Efendi, I., & Annisa, S. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Game Berbasis Android Untuk Pengenalan Abjad (Studi Kasus: Tk Aisyiyah 2 Kec. Pinggir). JURNAL UNITEK, 11(2). Https://Doi.Org/10.52072/Unitek.V11i2.34

Fauzi, A., Ningsih, P., Dani, Gultom, H., & Alim, C. (2021). Pelatihan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Dan Siswi SMP Bina Mulia. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 2.

G.S. Artajaya, K. Yarsama, N. Astawan, & Jayadi. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Bahasa.V12i1.1963

Haryati, L. F., & Wangid, M. N. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 12(1).

Hikmah, S. N., Maskar, S., & Indonesia, U. T. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1).

Khasanah, L. U., & Davita, A. W. (2021). Penelitian Kualitatif : Teknik Analisis Data Deskriptif. Dqlab.Id.

Maulidia, L., Nafaridah, T., Ahmad, Ratumbuysang. Monry FN, & Sari, E. M. (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 2 Bajarsari. Seminarnasional (PROSPEK II), Prospek Ii.

Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1).

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Rahman, F., Ratna, H. S., Wagino, W., & Nur Alamsyah, N. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Presentasi Interaktif Menggunakan Prezi Pada Guru Di Sd It Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 6(2). Https://Doi.Org/10.31602/Jpaiuniska.V6i2.3894

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D).

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1). Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V5i1.25853




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v9i1.1622

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA