PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Rizki Bastanta Manalu, Aser Paul Nainggolan

Sari


Covid-19 yang dilanda dunia termasuk Indonesia sehingga menyebabkan pemerintah pembelajaran daring dalam kurun waktu tidak dapat ditentukan. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan kegiatan pembelajaran tetap terlaksana. Penguasaan teknologi sangat diperlukan dan diketahui oleh siswa dan pendidik. Selain itu, orang tua adalah salah satu orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak. Sehingga dalam hal ini, peranan orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu hambatanhambatan yang mungkin akan timbul. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring, mengetahui bagaimana peranan orang tua dalam pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus dan jumlah sampel sebanyak 12 siswa dan 12 orang tua kelas XI SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo. Teknik pengumpulan data dengan angket. Sedangkan analisis data dilakukan tiga tahap yaitu redukasi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di kelas XI SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo ini dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dan google classroom yang digunakan untuk latihan soal dan ujian. Adapun bentuk peranan orang tua yaitu (a) memperhatikan proses belajar anak; (b) memberikan pengertian bahwa dengan belajar cita-cita anak akan tercapai; (c) memberikan hadiah dan hukuman; (d) memberikan
fasilitas belajar.

Kata Kunci


Peranan Orang Tua, Motivasi, Sistem Pembelajaran Daring

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Manalu, R. B., & Nainggolan, A. P. (2020). Motivasi Siswa Kelas Xi Ipa 1 Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Online Di Sma Angkasa 1 Lanud Soewondo. 7(2), 112–125. Retrieved From Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Penjakora/Article/View/27369

Barus, J. B. N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Kuliah Atletik Lanjutan. Journal Coaching Education Sports, 2(1). Https://Doi.Org/10.31599/Jces.V2i1.466.

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jekpend: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1). Https://Doi.Org/10.26858/Jekpend.V1i1.5057

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2). Https://Doi.Org/10.24252/Idaarah.V4i2.16945

Marsen, C., Fimala, Y., & Gistituati, N. (2021). Manajemen Kelas Virtual Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1). Https://Doi.Org/10.31599/Jces.V2i1.515

Oktaviani, R. (Uin J., & Yayu Iswandari. (2017). Metode Penelitian. Penelitian. Https://Doi.Org/10.1021/Ol7029646

Padma, A., & Sukanesh, R. (2011). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi Covid-19. Automatic Classification And Segementation Of Brain Tumor In Ct Images Using Optimal Dominant Gray Llvel Run Length Texture Features, 2(10).

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2). Https://Doi.Org/10.30870/Gpi.V1i2.9405

Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning In The Middle Of The Covid-19 Pandemic ). Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.

Sinuraya, J. F., & Barus, J. B. N. B. (2021). Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Dalam Mengikuti Pembelajaran E-Learning Di Universitas Quality Berastagi. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 4(1). Https://Doi.Org/10.34007/Jehss.V4i1.692.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can E-Learning Replace

Classroom Learning? Communications Of The Acm, 47(5), 75–79.

Https://Doi.Org/10.1145/986213.986216.




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.643

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA