ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Heryanto Azis, Jainal Togatorop, Winda Elovany Tarigan Gersang

Sari


Masalah dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya hasil belajar matematika
terutama pada materi pembagian bilangan campuran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kemampuan siswa menghitung, kesulitan menghitung, dan faktor
penyebab kesulitan menghitung bilangan campuran di kelas V SD
Negeri 068003 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Sebagai populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas V yang mengumpulkan 29 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara, analisis data
menggunakan rumus rata-rata dan kriteria penilaian.Berdasarkan analisis data hasil
penelitian yang dilakukan di SD Negeri 068003 Medan diperoleh bahwa; (1) kemampuan
siswa menghitung bilangan bilangan campuran berkriteria rendah, (2)
kesulitan menghitung bilangan bilangan campuran adalah
memahami, dalam keterampilan, dan dalam memecahkan masalah yang ketiganya
berkriteria, (3) faktor yang menyebabkan menghitung
bilangan campuran adalah sikap dalam belajar, berkriteria rendah, motivasi
belajar berkriteria sedang, dan minat belajar berkriteria sedang.

 


Kata Kunci


Kesulitan Belajar, Pembagian Bilangan Pecahan Campuran

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. (2018).

Pendidikan Bagi Anak

Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Agusnadi. (2015). Kesulitan Belajar

Matematika. 20 Oktober 2019.

https://www.kompasiana.com/agu

snadi79/kesulitan-belajarmatematika_55292a2af17e61a744

b45b5.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan.

(2018). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Jawa barat: CV Jejak.

Batauga, Ibnu. 2017. Belajar

Matematika dari Dasar. Jakarta:

MKB Kreatif.

Budiarti, Melik. (2017). Bimbingan

Konseling di SD. Jawa Timur: AE

MEDIA GRAFIKA.

Depdiknas (2003). Undang-undang RI

No.20 tahun 2003. Tentang Sistem

Pendidikan nasional.

Hamzah, Ali, dan Muhlisrarini. (2014).

Perencanaan dan Strategi

Pembelajaran Matematika.

Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Hendriana,Heris, & Utari. (2016).

Penilaian Pembelajaran

Matematika. Bandung: PT Refika

Aditama.

Heruman. (2018). Model Pembelajaran

Matematika. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Idrus, Enjang. (2019). Membongkar

Psikologi Belajar Aktif. Bandung:

Guepedia Publisher

Nym, Ni., dkk. (2015). Analisis

Kesulitan-Kesulitan Belajar

Matematika Siswa Kelas V Dalam

Impelementasi Kurilkulum 2013 di

SD Piloting Sekabupaten Gianjar

Tahun Pelajaran 2014/2015. Ejournal

PGSD Universitas

Pendidikan Ganesha Jurusan

PGSD Vol: 3 No: 1 Tahun 2015

(Hal. 1 – 11). Online. dari

http://ejournal.undiksha.ac.id

Parto Wisastro, Koestoer. (2015).

Faktpr-faktor yang

Mempengaruhi Kesulitan Belajar.

Oktober

https://vebrykonseling.weebl

y.com/faktor-faktor-kesulitanbelajar.html

Purnomosidi, dkk. (2018). Senang

Belajar Matematika Kelas V.

Jakarta: Kemendikbud.

Setiawan, Andi. (2017). Belajar dan

Pembelajaran. Ponorogo: Uwais

Inspirasi Indonesia.

Siregar, Evelin, dan Hartini Nara.

(2018). Teori Belajar dan

Pembelajaran. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan

Pembelajaran. Yogyakarta: CV

Budi Utama.

Suciwati, Dewi Sari Wahyuni. (2018).

Analisis Kesalahan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Matematika

Pada Operasi Hitung Pecahan

Pada Siswa Kelas V SDN

Pengawu. E-journal PGSD

Universitas Alkhairaat Jurusan

PGSD Vol: 11 No: 2 Tahun 2018

(Hal. 129 – 143). Online. dari

http://150.107.142.250/index.php/

JPPM/article




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.646

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA