ANALISIS KESULITAN MENGHITUNG PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Sari
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya hasil belajar matematika
terutama pada materi pembagian bilangan campuran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kemampuan siswa menghitung, kesulitan menghitung, dan faktor
penyebab kesulitan menghitung bilangan campuran di kelas V SD
Negeri 068003 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Sebagai populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas V yang mengumpulkan 29 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara, analisis data
menggunakan rumus rata-rata dan kriteria penilaian.Berdasarkan analisis data hasil
penelitian yang dilakukan di SD Negeri 068003 Medan diperoleh bahwa; (1) kemampuan
siswa menghitung bilangan bilangan campuran berkriteria rendah, (2)
kesulitan menghitung bilangan bilangan campuran adalah
memahami, dalam keterampilan, dan dalam memecahkan masalah yang ketiganya
berkriteria, (3) faktor yang menyebabkan menghitung
bilangan campuran adalah sikap dalam belajar, berkriteria rendah, motivasi
belajar berkriteria sedang, dan minat belajar berkriteria sedang.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Abdurrahman, Mulyono. (2018).
Pendidikan Bagi Anak
Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Agusnadi. (2015). Kesulitan Belajar
Matematika. 20 Oktober 2019.
https://www.kompasiana.com/agu
snadi79/kesulitan-belajarmatematika_55292a2af17e61a744
b45b5.
Anggito, Albi, dan Johan Setiawan.
(2018). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Jawa barat: CV Jejak.
Batauga, Ibnu. 2017. Belajar
Matematika dari Dasar. Jakarta:
MKB Kreatif.
Budiarti, Melik. (2017). Bimbingan
Konseling di SD. Jawa Timur: AE
MEDIA GRAFIKA.
Depdiknas (2003). Undang-undang RI
No.20 tahun 2003. Tentang Sistem
Pendidikan nasional.
Hamzah, Ali, dan Muhlisrarini. (2014).
Perencanaan dan Strategi
Pembelajaran Matematika.
Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.
Hendriana,Heris, & Utari. (2016).
Penilaian Pembelajaran
Matematika. Bandung: PT Refika
Aditama.
Heruman. (2018). Model Pembelajaran
Matematika. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Idrus, Enjang. (2019). Membongkar
Psikologi Belajar Aktif. Bandung:
Guepedia Publisher
Nym, Ni., dkk. (2015). Analisis
Kesulitan-Kesulitan Belajar
Matematika Siswa Kelas V Dalam
Impelementasi Kurilkulum 2013 di
SD Piloting Sekabupaten Gianjar
Tahun Pelajaran 2014/2015. Ejournal
PGSD Universitas
Pendidikan Ganesha Jurusan
PGSD Vol: 3 No: 1 Tahun 2015
(Hal. 1 – 11). Online. dari
http://ejournal.undiksha.ac.id
Parto Wisastro, Koestoer. (2015).
Faktpr-faktor yang
Mempengaruhi Kesulitan Belajar.
Oktober
https://vebrykonseling.weebl
y.com/faktor-faktor-kesulitanbelajar.html
Purnomosidi, dkk. (2018). Senang
Belajar Matematika Kelas V.
Jakarta: Kemendikbud.
Setiawan, Andi. (2017). Belajar dan
Pembelajaran. Ponorogo: Uwais
Inspirasi Indonesia.
Siregar, Evelin, dan Hartini Nara.
(2018). Teori Belajar dan
Pembelajaran. Bogor: Ghalia
Indonesia.
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan
Pembelajaran. Yogyakarta: CV
Budi Utama.
Suciwati, Dewi Sari Wahyuni. (2018).
Analisis Kesalahan Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal Matematika
Pada Operasi Hitung Pecahan
Pada Siswa Kelas V SDN
Pengawu. E-journal PGSD
Universitas Alkhairaat Jurusan
PGSD Vol: 11 No: 2 Tahun 2018
(Hal. 129 – 143). Online. dari
http://150.107.142.250/index.php/
JPPM/article
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.646
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##