PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE INDEKS CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA N 1 KUTALIMBARU T.A. 2020/2021.

Juliaster Marbun, Juliper Nainggolan

Sari


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran active learning tipe index card match dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA N 1 Kutalimbaru T.A. 2020/2021. Pada pra siklus siswa hanya memperoleh 26,66% untuk tes kemampuan komunikasi dan 23,33% untuk tes kemampuan pemecahan masalah yang mampu mencapai pada rata-rata KKM. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I untuk peningkatan kemampuan komunikasi 16 orang dari 30 siswa (53,33% secara klasikal) mencapai ketuntasan belajar 65 dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 15 orang (50%) dari 30 siswa mencapai ketuntasan belajar 65, sedangkan pada siklus II, untuk peningkatan kemampuan komunikasi terdapat 26 orang (86,66%) dari 30 siswa mencapai ketuntasan belajar 65 dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 26 orang dari 30 siswa (86,66% secara klasikal) mencapai ketuntasan belajar 65 dan pada lembar obsevasi guru di siklus I diperoleh hasil dengan rata-rata 3,3 sedangkan Pada siklus II, hasil obervasi guru diperoleh dengan rata-rata 3,7 yang artinya proses pembelajaran dilakukan sangat baik. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran active learning tipe index card match dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA N 1 Kutalimbaru.

Kata Kunci


Active Learning tipe Index Card Match, Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Statistika.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurahman, M, (2012). Pendidikan

Bagi Anak Berkesulitan Belajar,

buku. Penerbit PT. Asdi

Mahasatya, Jakarta.

Alfiana, Hera Deswita, Lusi Eka Afri.

(2015). Pengaruh Strategi

Belajar Aktif Index Card Match

(ICM) terhadap Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas VIII

SMP Negeri 1 Kepenuhan. ejournal.upp.ac.id. Vol.1, No.1.

Hayatun, Nufus. (2012). Peningkatan

Kemampuan Pemecahan

Masalah Dan Komunikasi

Matematis Siswa Melalui

Penerapan Pembelajaran

Berbasis Masalah Di Kelas VII

SMPN . Tesis. Medan: Unimed.

Istarani, (2011). 58 Model Pembelajaran

Inovatif, buku. Media Persada,

Medan.

Jihad, Asep dan Abdul Haris, (2012).

Evaluasi Pembelajaran, buku.

Multi Prasindo, Yogyakarta.

Khasanah, Uswatun. (2011). Pengaruh

Pembelajaran Make A Match

dan Index Card Match terhadap

Pemahaman Siswa Kelas X

SMA Institut Indonesia

Semarang Tahun Ajaran

/2011. (Online) Vol.2,

No.2,

(http://ejurnal.ikippgrismg.ac.id)

.

Kunandar, (2007), Guru Profesional

Implementasi Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP), buku. Rajawali Pers,

Jakarta.

Lesmana, Parta. (2013). Pengaruh

Model dan Media Pembelajaran

terhadap Hasil Belajar

Kemampuan Dasar Senam

Lantai pada Mahasiswa Jurusan

Penjaskesrek Undiksha.

(Online). Vol.3.

(http://ejournal.undiksha.ac.id)

Maisura, Rauzatul Jannah. (2016).

Peningkatan Kemampuan

Komunikasi Matematis Melalui

Model Pembelajaran Index Card

Match Pada Materi Geometri Di

Kelas X SMA Negeri 1

Peusangan Siblah Krueng

.Jurnal Vol. 3, No.

https://media.neliti.com/media

/publications/71491.

Manalu, Yunita Sari dkk. (2016).

Penerapan Pendekatan Active

Learning Tipe Index Card

Match dalam Pembelajaran

Matematika pada Siswa Kelas

VIII. Jurnal Matematika

Universitas Sriwijaya. (Online)

Vol.5, No.3,

(https://media.neliti.com).

Masyita Sawal.(2020). Pengaruh

Penerapan Metode Index Card

Match (ICM) Terhadap Hasil

Belajar Matematika Pada Siswa

Kelas VIII SMP

Muhammadiyah 1 Makassar.

Skripsi. Program Studi

Pendidikan Matematika.

Fakultas Keguruan Dan Ilmu

Pendidikan, Universitas

Muhammadiyah Makassar

Melvin L, Silberman, (2009), Active

Learning (101 Cara Belajar

Siswa Aktif), buku. Nusamedia,

Bandung.

Nuraina. (2013). Peningkatan

Kemampuan Komunikasi dan

Disposisi Matematis Siswa

melalui Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe TeamsGamesTournaments (Tgt) di

Kelas VIII Smp Negeri 1

Gandapura kabupaten Bireuen.

Tesis. Medan: Program Pasca

Sarjana Universitas Negeri

Medan

Strategi Index Card Match. (Online)

Vol.11, No.1

(http://ejournal.umpwr.ac.id).

Sagala, H, Syaiful, (2009) Konsep Dan

Makna Pembelajaran Untuk

Membantu Memecahkan

Problematika Belajar Dan

Mengajar, Alfabeta, Bandung.

Sudjana,( 2013), Metoda Statistika,

buku. Bandung, Tarsito.

Suprijono, A, (2009), Cooperative

Learning Teori Dan Aplikasi

Paikem, buku. Pustaka Pelajar,

Yogyakarta.

Yuslinawati. (2012). Perbedaan

Peningkatan Kemampuan

Komunikasi dan Kemandirian

Belajar Matematika Siswa SMP

Melalui Pembelajaran

Kooperatif Tipe Jigsaw

Menggunakan Software

Autograph Dengan

Pembelajaran Konvensional

Menggunakan Software

Autograph. Tesis:




DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.647

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA