EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DEBATE PADA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN BELA NEGARA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA CERDAS BANGSA DELI TUA
Sari
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran debate pada pelajaran PPKN pokok bahasan Bela Negara di kelas X, SMA Cerdas Bangsa Delitua. Dan apakah model debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukakn di SMA Cerdas Bangsa Delitua kelas X, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dengan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan menggunakan alat pengumpul data berupa ; lembar observasi, angket dan test. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan pada siklus I perlu di lakukan refleksi dan dilanjutkan pada siklus II diperoleh hasil : bahwa dengan menggunakan model pembelajaran debat hasil belajar siswa tuntas secara klasikal, ketercapaian tujuan pembelajaran tuntas secara keseluruhan, pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baikdan respon siswa berkategori positif hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran debat adalah efektiv dan dapat meningkatkan hasil belajar, sehingga model debat dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran pada mata pelajaran PPKN.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Aqib, Zainak, dkk. (2011). Cetakan Kedua. Penelitian Tindakan
Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung : CV
Yrama Widya. Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Cetakan Kesepuluh. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Asep, Jihad dan Abdul, Haris. (2013). Cetakan Pertama. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Asrori, Mohammad. (2009). Cetakan Pertama. Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung: CV Wacana Prima.
Budiningsih, Asri. (2005). Cetakan Pertama. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daryanto dan Muljo Rahadjo. (2012). Cetakan pertama. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. (2007). Cetakan Pertama. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT
Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara.
Istarani. (2011). Cetakan Ketiga. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan:
Media Persada.
Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabet.
Mudjiono dan dimyati. (2006). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana, Sudjana (1996). Cetakan Ketiga. Cara Belajar SIswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Piet A. Sahertian. (2013). Cetakan Pertama. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Pustaka Pelajar.
Rasid, Harun dan Mansur. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
Rusman. (2011). Cetakan keempat. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakrta: PT Raja Grafindo
Persada.
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran.
Bandung: Alfabet.
Sanjaya, Wina (2009) Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Pranada Media Grup.
Sadirman, (2009) cetakan dua puluh. Interaksi dan Motivasi Belajar-
Mengajar. Jakarta: Raja Wali Press.
Slameto. (2010). Cetakan Kelima. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. (2011) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT
Raja Grafindo.
Surbakti, K. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VIII MTsN Kabanjahe
Tahun Pelajaran 2017/2018. In Prosiding Seminar Nasional
Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan
(QSinastekmapan) (Vol. 1).
Suroso. (2009). Cetakan Ketiga. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:
Pararaton (Group Elmatera). Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan
Pembelajaran Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan
Pembelajaran Yang Berhasil. Lombok: Holistica.
Suyono dan Haryanto. (2011). Cetakan Keempat. Belajar dan Pembelajaran. Bandyng: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2011). Cetakan Keempat. Mendesain dan Model
Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana Pranada Media
Group.
Khabibah. (2006:97) dalam http :/masdwijanto. Files. Worldpress. Com/ 2011/ 04/010450900-bab3-karyadi.pdf.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.651
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##