EVALUASI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-LEARNING (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi efektifitas pembelajaran menggunakan e-learning di Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Quality Berastagi semenjak merebaknya pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) di Indonesia. Sampel penelitian
ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode survey dengan angket dan wawancara yang dilakukan secara online. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-learning pada program pendidikan olahraga efektif dengan kecenderungan sebesar 70,19%. Kegiatan mahasiswa dalam pembelajaran e-learning yaitu mengikuti UTS dan UAS (100%), aktif diskusi dan mengerjakan tugas (80%). Keluhan selama mengikuti pembelajaran e-learning termasuk dalam tidak ada keluhan berarti hanya saja sebagian dari mahasiswa bekerja, tidak memiliki kuota internet dan jaringan yang cenderung tidak stabil. Sedangkan untuk keluhan psikologis hanya 14% mahasiswa yang bosan/jenuh dikarenakan mengikuti pembelajaran e-learning, akan tetapi 84% tidak ada keluhan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Ardini, Lilis, Ulfah Setia Iswara, And Endang Dwi Retnani. 2020. “Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen) Efektivitas Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid 19 The Effectiveness Of Using E-Learning As Learning Media During The Covid Pandemic 19.” Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen) 7(1).
Argaheni, Niken Bayu. 2020. “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia.” Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya.
Barus, Jan Bobby Nesra. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Kuliah Atletik Lanjutan.” Journal Coaching Education Sports 2(1).
Dadang. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Online Learning Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang.” Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis 6(1).
Damis, Damis, And Muhajis Muhajis. 2019. “Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan.
Haniaturizqia, And Nafisatu Rifa. 2021. “Analysis Of The Effectiveness Of Online Learning In The Middle Of The Covid-19 Outbreak.” In Proceeding International Conference On Science And Engineering 4(February).
Hasan, Najmul, And Yukun Bao. 2020. “Impact Of ‘E-Learning Crack-Up’ Perception On Psychological Distress Among College Students During Covid-19 Pandemic: A Mediating Role Of ‘Fear Of Academic Year Loss.’” Children And Youth Services Review 118.
Hilmiatussadiah, Kinanti Geminastiti. 2020. “Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia 1(2).
Maudiarti, Santi. 2018. “Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi.” Perspektif Ilmu Pendidikan.
Mustakim, Mustakim. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika.” Al Asma : Journal Of Islamic Education 2(1).
Pujiastutik Hernik. 2017. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Teladan 4(1).
Samsuddin, Mas Ervina, Noor Sufiawati Khairani, Emelin Abdul Wahid, And Fazrul Hanim Abd Sata. 2015. “Awareness, Motivations And Readiness For Professional Accounting Education: A Case Of Accounting Students In Uitm Johor.” Procedia Economics And Finance 31.
Sinuraya, Janwar Frihasan, And Julius Boy Nesra Bagismata Barus. 2021. “Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Dalam Mengikuti Pembelajaran E-Learning Di Universitas Quality Berastagi.” Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss) 4(1).
Sugiono, P.D. 2014. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif.Pdf.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.652
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##