PENERAPAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS TINGGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS QUALITY

dedi holden simbolon, Rita Herlina Br PA, Karmila Sebayang

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media LMS (Learning
Management System) Moodle terhadap hasil belajar IPA Kelas Tinggi dan tingkat
aktivitas mahasiswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah IPA Kelas Tinggi.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan observasi tingkat
aktivitas. Dari analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes mahasiswa sebesar 53.52 dan
standar deviasi 10.338 dengan nilai tertinggi 65 dan terendah 30. Setelah materi diajarkan
dari hasil postes diperoleh rata-rata sebesar 83.11 dan standar deviasinya 7.549 dengan
nilai tertinggi 92 dan terendah 60. Kemudian nilai rata-rata tingkat aktivitas mahasiswa
sebesar 76.63 dan standar deviasi 13.624 dengan nilai tertinggi 96 dan terendah 50. Dari
hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan media LMS (Learning
Management System) Moodle dalam pembelajaran memiliki dampak yang positif
terhadap hasil belajar dan aktivitas mahasisw


Kata Kunci


LMS Moodle, Hasil belajar, Aktivitas

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.658

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

WA Redaksi 085276821341

atau Klik Icon WA